Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

PW Aisyiyah Bina UMKM Warga Pascabencana

0 64

PALU EKSPRES, DONGGALA – Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiyah Sulteng membina kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) para warga di beberapa daerah yang terdampak bencana alam gempa bumi, tsunami dan likefaksi pada 28 September 2018 lalu.

Di antaranya di Desa Wani 1 dan Wani 2, PW Aisyiyah melalui Majelis Ekonomi membina para perempuan di kedua Desa tersebut dengan membentuk usaha rumahan abon ikan. Ketua Majelis Ekonomi PW Aisyiyah Sulteng, Sabariah menyebutkan kelompok-kelompok usaha yang dibentuk terdiri dari para perempuan yang sebelumnya terdampak bencana.
“Untuk di Desa Wani 1 dan Wani 2 kami bentuk 4 kelompok usaha, masing-masing 2 kelompok di tiap Desa,” kata Sabariah, di sela-sela meninjau proses produksi abon ikan kelompok usaha Siti Baryah di Desa Wani 1, Minggu 19 Mei 2019.

Pembinaan kelompok usaha tersebut kata Sabariah, merupakan bagian dari program livelihood kerja sama antara PW Aisyiyah Sulteng bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu).

Dituturkannya, program pembinaan masyarakat pascabencana tersebut, dimulai dari tahap sosialisasi, kemudian pelatihan selama dua kali serta praktik pembuatan produk, hingga pengemasan dan penjualan.
“Selain diberikan pelatihan, kelompok warga juga kami berikan bantuan beberapa alat penunjang produksi berkaitan dengan produk yang dihasilkan. Untuk kelompok-kelompok yang kami bina di Desa Wani 1 dan Wani 2 ini produknya adalah abon ikan,” ujarnya.
Ia berharap program tersebut dapat kembali mendorong gairah warga dalam membangun usaha melalui level UMKM, dan ke depan dapat terus ditingkatkan untuk menunjang perekonomian warga utamanya usai dilanda bencana.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.