Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tebarkan Kejujuran Sebagai Bentuk Takwa

0 41

PALU EKSPRES, PALU – Tujuan utama ibadah puasa di bulan Ramadan bagi umat Islam adalah untuk memperoleh predikat takwa. Salah satu bentuk takwa kepada Allah SWT menurut Pakar Pemikiran Islam Modern, Prof. Dr. Zainal Abidin, adalah dengan berlaku jujur baik bagi diri sendiri maupun kepada orang lain.

“Tebarkan kejujuran engkau akan menangkap kepercayaan. Semakin engkau jujur maka semakin akan dipercaya oleh orang lain. Itulah orang yang bertakwa kepada Allah SWT, manusia yang jujur baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain,” kata Prof. Zainal saat membawakan tausyiah pada buka puasa bersama dan pelepasan Tim Safari Ramadan Pemprov oleh Gubernur Sulteng, di Gubernuran Siranindi, Selasa 7 Mei 2019.

Prof. Zainal melanjutkan, orang yang berlaku jujur kepada diri sendiri dan orang lain, juga akan bersikap tidak saling menyalahkan dengan orang lain, tidak menjelek-jelekkan orang lain. Karena menurutnya, manusia tidak perlu menjadi baik dan benar dengan menyalah-nyalahkan orang lain.
“Di dalam hadis disebutkan agama itu adalah kejujuran, tidak beragama orang kalau dia tidak jujur kepada dirinya sendiri apalagi kepada orang lain,” ujarnya.

Ia berharap, agar takwa yang salah satunya dalam bentuk kejujuran dapat diterapkan oleh masyarakat di Sulteng, sehingga menjadi modal bagi daerah untuk semakin maju, mandiri dan berdaya saing.
“Mudah-mudahan modal takwa kita salah satunya kejujuran akan mengantar Sulteng menjadi lebih maju, mandiri dan berdaya saing, karena orang-orangnya jujur semuanya dan bertakwa kepada Allah SWT,” tandasnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.