oleh

KPU Sigi Mulai Laksanakan Rapat Pleno Terbuka

PALU EKSPRES, SIGI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Rabu 1 Mei 2019, mulai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, di aula kantor KPU Sigi, di Desa maku, Kecamatan Dolo.

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapata, Kapolres Sigi Wawan Sumantri, Dandim 1302 Donggala, Bawaslu Sigi, PPK se Kabupaten Sigi, saksi Capres 01 dan saksi Capres 02, saksi DPD, saksi masing – masing Partai, dan unsur Forkopimda Kabupaten Sigi.

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan Pemilu dengan baik di Kabupaten Sigi.

” Kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan tahapan pemilu sampai saat ini, tidak terlepas dari kerjasama Forkopimda serta jajaran penyelenggara tingkat kabupaten, maupun petugas KPPS,” ungkapnya.

Sementara itu ketua KPU Sigi, Hairil dalam sambutannya sebelum membuka rapat pleno mengatakan, jika pelaksanaan pemilu di Kabupaten Sigi sampai saat ini sudah berjalan maksimal.

“Walaupun ada sedikit kendalan di lapangan, pada waktu pemilihan 17 april kemarin tapi secara keseluruhan seluruh tahapan pemilu sampai saat ini sudah berjalan maksimal,” kata Chairil.

Untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU), yang dilaksanakan di enam TPS lanjut kata Chairil, itu tujuannya baik, untuk memberikan pelajaran politik kepada masyarakat.
”Kami dari KPU Sigi dari awal sudah mengantisipasi agar tidak terjadi PSU, namun ternyata ada. Sesuai undang-undang harus dilakukan dan wajib memperbaiki lewat PSU,” ucapnya.

Chairil menyebutkan, itu bukan buruk kinerja, tapi ada hal yang keliru dilakukan jajaran penyelenggara KPU dan diperbaiki lewat mekanisme sesuai aturan.

KPU Sigi melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten Pemilu tahun 2019, selama tiga hari. Yaitu dimulai pada Rabu 1 Mei hingga Jumat 3 Mei 2019.
Untuk pembukaan hari pertama rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten, hanya untuk 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Nokilalaki, Kecamatan Pipikoro, Kecamatan Gumbasa, Kecamatan Tanambulava dan Kecamatan Marawola Barat.

(mg4/palu ekspres)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed