Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Warga Bangga Kabupaten Sigi Minta Direlokasi

0 61

PALU EKSPRES, SIGI – Banjir besar yang dipicu curah hujan tinggi, membuat sejumlah desa di wilayah Kecamatan Dolo Selatan terendam banjir. Air yang membawa material kayu gelondongan serta pasir, juga menimbulkan kerusakan parah di sejumlah desa.

Rilis yang dikeluarkan BPBD Kabupaten Sigi, kerusakan terbesar terjadi di Desa Bangga. Sedikitnya 500 bangunan rumah kini tertimbun  pasir dengan ketinggian 2 – 3,5 meter. Selain menenggelamkan ratusan rumah, banjir yang berlangsung sejak Senin malam itu, memaksa warga Bangga mengungsi ke tempat aman.

Dari data yang dikeluarkan BPBD Sigi, tercatat rumah rusak 500 unit dan warga yang mengungsi mencapai 2.259 jiwa atau 551 kepala keluarga.

Melihat kondisi pemukiman yang tak mungkin lagi dihuni, sejumlah warga Desa Bangga khususnya warga di dusun dua, salah satu kawasan dengan kerusakan paling parah, bersedia direlokasi ke tempat aman.

”Desa ini tak layak lagi dihuni. Pilihannya harus pindah,” ungkap Ibu Murni (62) ditemui di pengungsian di Madrasah Aliyah Wumbulangi – Bangga.

Ibu Murni mengaku sudah puluhan tahun tinggal di Desa Bangga. Rumah konstruksi permanen miliknya, kini tinggal menyisakan atap. Senada dengan ibunya, sang anak Resti yang sedang menanti pengumuman kelulusan di sekolah dasar mengaku, ikhlas jika harus pindah. ”Banyak kenangan di rumah ini. Tapi kalau sudah begini harus pindah,” ungkap gadis ini polos.

Jalaludin warga dusun I Desa Bangga, mengaku, relokasi adalah jalan terbaik. Karena sewaktu waktu banjir dipastikan akan menyapu perkampungan mereka. Asniar (32) bahkan menginginkan agar relokasi bisa secepatnya. ”Terserah pemerintah dimana tempatnya. Kita mengikuti dimana pemerintah akan tempatkan kami,” katanya.

Kini situasi di Desa Bangga menjadi kawasan mati. Tak ada lagi penerangan yang terlihat di rumah-rumah penduduk. Walau PLN masih mengalirkan listrik di sejumlah rumah yang masih utuh.

(kia/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.