Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bawaslu Parimo Gelar Rakor Menghadapi Rekapitulasi di KPU

0 241

PALU EKSPRES, PARIGI– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Parigi Moutong menggelar rapat koordinasi pengawasan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara yang menghadirkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Parigi Moutong di salah satu hotel di Parigi, Sabtu 27 April 2019 malam.

Divisi Sengketa Pemilu Bawaslu Parimo, Muhamad Rizal kepada Palu Ekspres, Sabtu 27 April 2019 di Parigi mengatakan, rapat koordinasi dilakukan sesuai dengan surat edaran Bawaslu RI yang menginstruksikan kepada seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota melaksanakan rakor terkait persiapan dan kelengkapan data pada perolehan suara sementara. Hal ini untuk menghadapi rekapitulasi di KPU nantinya.

Kordiv Sengketa Pemilu Bawaslu Parimo, Muhamad Rizal. Foto: Aswadin/PE

 

“Rakor ini adalah internal bawaslu dengan mengundang jajaran Panwascam se Kabupaten Parimo,” ujarnya.

Menurut dia, yang menjadi fokus pihaknya pada rakor tersebut adalah, pertama melihat hasil perolehan suara sementara yang telah dicatat atau yang telah didokumentasikan oleh jajaran Bawaslu ditingkat bawah yaitu, pengawas TPS.

“Yang kami lihat itu pertama, C1 Plano, kemudian yang kedua salinan C1 yang telah diberikan oleh KPPS, selanjutnya DA 1 Plano yang juga melalui dokumentasi pengawas desa dan kecamatan pada saat rekapitulasi ditingkat PPK,” jelasnya.

Hal ini nantinya lanjut dia, akan disinkronkan melalui rapat koordinasi ini sehingga Panwas punya data yang akurat dan punya akurasi data yang ril, yang kemudian menjadi pegangan Bawaslu untuk melihat rekapitulasi yang akan dilakukan oleh KPU.

Sementara itu, Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Parimo, Fatmawati mengatakan, ada beberapa Kecamatan yang belum selesai melakukan rekapitulasi. Misalnya, Kecamatan Palasa, Kasimbar, Toribulu, Parigi Kota, Ampibabo.

Kemudian, untuk wilayah Selatan Parimo adalah, Kecamatan Sausu, dan Torue.”Jadi itu juga yang ditunggu. Insya Allah hari ini sudah selesai,” kata Fatmawati yang ditemui pada saat rakor pengawasan dan rekapitulasi perhitungan suara di salah satu hotel di Parigi sabtu malam.

“Jadi rekapnya itu harus sudah selesai karena kita hari ini sudah rekapitulasi di tingkat Kabupaten,”katanya.

Rekapitulasi ditingkat Kabupaten lanjut dia, dijadwalkan berlangsung selama 4 hari. Sehingga, diharapkan semua permasalahan terkait rekapitulasi berakhir di Kecamatan.
Agar di Kabupaten tinggal melakukan rekapitulasi saja dan tidak ada lagi pembukaan kotak suara dan lainnya. Kecuali kalau memang ada hal yang urgen, baru Bawaslu merekomendasikan untuk pembukaan kotak suara.

“Tapi kalau tidak berarti ditingkat kabupaten/kota dan provinsi nanti hanya rekap saja. Dan kami berharap semua kegiatan rekapitulasi dan permasalahan selesai ditingkat kecamatan,” ujarnya.

(asw/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.