Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Banyak Persoalan, Ketua DPRD Sigi Minta Pemilu Dievaluasi

0 73

PALU EKSPRES, SIGI– Ketua DPRD Kabupaten Sigi, Rizal Intjenae, Selasa 23 April 2019, mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan pemilu serentak di Kabupaten Sigi berjalan lancar.

Hanya saja katanya, dari sisi teknis dianggap tidak maksimal. Hal itu terlihat dari beberapa kesalahan teknis yang dilakukan KPU Sigi, seperti ada surat suara yang tertukar.

“Contohnya, di Desa Karawana, Kecamatan Dolo, dua TPS itu tertukar surat suaranya. Terus ada satu TPS di Desa Potoya, di Kecamatan Dolo juga itu C1 planonya yang tidak sempat dimasukkan dalam kotak suara, begitu juga di Desa Watubula kartu suara DPR RI yang sama sekali tidak ada. semua temuan ini berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan oleh tim baik itu dari partai maupun tim dari saya sendiri,” jelasnya.

Begitupula pengadaaan surat suara di TPS, itu yang sangat buruk. Karena banyak TPS yang ada di Kabupaten Sigi, kekurangan surat suara.

Dengan segala persoalan yang terjadi pada saat pemilu tahun ini tambahnya, Pemilu serentak khususnya di wilayah Kabupaten Sigi, perlu dilakukan evaluasi yang sangat detail oleh KPU Sigi dan pihak Bawaslu. Agar kedepan pelaksanaan pemilu dapat berjalan efektif tanpa persoalan teknis yang terjadi lagi di lapangan seperti saat ini.

(mg4/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.