Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Obor Api Porprov- VIII 2019 di Parimo Resmi Dikobarkan

0 28

PALU EKSPRES, PARIGI– Obor Api Abadi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII di Kabupaten Parigi Moutong tahun 2019 dikobarkan.

Api obor Porprov itu dikobarkan atau dinyalakan pertama di titik mata air panas di Desa Air Panas Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Mouting, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa 23 April 2019.

Api obor Porprov 2019 sebagai simbol dimulainya perhelatan Pekan Olahraga Provinsi di Kabupaten Parigi Mourong.

Api obor tersebut dinyalakan oleh ketua adat Desa Air Panas seraya memohon kepada sang maha kuasa agar dilancarkan kegiatan Porprov VIII di Kabupaten Parigi Moutong.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Parigi Moutong, Faisan Badja saat menyerahkan obor kepada mantan pelari PON, Supardin, mengatakan, bahwa api obor Porprov itu dibawa berputar sepanjang 8,5 meter sampai di finish depan Kantor Bupati Parimo.

Faisan mengatakan, tujuan diambilnya api obor Porprov VIII di Desa Air Panas, karena menurutnya, di desa tersebut merupakan sumber air panas yang dikenal dengan sungai kecil yang airnya begitu panas.

“Sengaja kami ambil api obor Porprov di Desa Air Panas, karena sumber air panas Parigi Moutong terletak di Desa ini,” ujarnya.

Pantauan media ini Obor Porprov dipegang oleh sekretaris KONI Supardin yang juga mantan Atlet terbaik yang pernah mengharumkan nama Parigi Moutong di tingkat nasional, bersama 11 orang rekannya yang juga mantan atlet terkenal lainnya.

(asw/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.