Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

PKB Klaim Rebut 1 Kursi DPR RI Dapil Sulteng

0 294

PALU EKSPRES, PALU– PKB mengklaim suskes merebut satu kursi DPR- RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Pemilu 2019.

Berdasarkan tabulasi internal Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Sulteng yang dikumpulkan dari seluruh pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) kabupaten/kota se Sulteng, perolehan suara PKB tingkat DPR RI mencapai kurang lebih 150 ribu suara.

Dalam hitungan versi PKB, jumlah perolehan suara tersebut kemungkinan akan mengambil kursi ke 5 atau ke 6 dari alokasi 7 kursi DPR RI Dapil Sulteng.

“Tabulasi internal kami di DPW PKB juga berdasarkan C1 Plano saksi PKB di semua tingkatan pengurus. Dengan 70persen suara masuk,”ungkap Ketua DPW PKB Sulteng, Amin Tahir, Senin malam 22 April 2019.

Perolehan 1 kursi PKB menurut Amin Tahir, akan ditempati calon legislatif (Caleg) nomor urut 2 yakni Risharyudi Triwibowo Timumun. Risharyudi Timumun merupakan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB RI yang saat ini juga menjabat Staf khusus Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Ini pertama kali PKB mengirim 1 kursi DPR RI Dapil Sulteng. Dan kami optimis itu,”kata Amin Tahir.

Selain itu PKB untuk tingkatan DPRD Sulteng dan kabupaten kota jelas Amin juga menunjukkan penambahan kursi. Berdasarkan data tabulasi internal dengan 50persen suara masuk, untuk DPRD Sulteng, berhasil direbut 1 kursi dari 6 Dapil yang ada.

“Sebelumnya pada Pemilu 2014 PKB hanya berhasil mendapat 3 kuris DPRD Sulteng,”jelasnya.

Sementara untuk DPRD kabupaten dan kota, PKB juga berhasil mendapat kursi di seluruh kabupaten kota. Antara lain Kabupaten Morowali Utara yang Pemilu tahun 2014 hanya meraih 3 kursi naik menjadi  4 kursi Pemilu 2019.

Kabupaten Parigi Moutong 4 kursi, Donggala 5 kursi, Buol 3 kursi.

Tolitoli turun 1 kursi dari 3 kursi pada Pemilu sebelumnya. Kabupaten Banggai 2 kursi, Banggai Laut 2 kursi dari sebelumnya hanya 1 kursi.

Kabupaten Tojo Una-una naik 3 kursi yang sebelumnya hanya 1 kursi.

Morowali 3 kursi, Banggai Kepulauan mendapat 2 kursi dari yang sebelumnya nihil. Kabupaten Sigi 2 kursi. Kabupaten Poso yang Pemilu sebelumnya tidak mendapat kursi kini berhasil merebut  2 kursi. Sedangkan Kota Palu bertahan tetap dengan 3 kursi.

“Hitungan kami sementara PKB kabupaten kota mendapat 36 kursi. Dari 29 kursi sebelumnya pada Pemilu tahun 2014. Perolehan ini mempengaruhi tabulasi suara untuk tingkat DPR RI,”bebernya.

Kendati begitu, pihaknya lanjut Amin tetap akan mengacu pada perhitungan perolehan suara KPU yang akan ditetapkan kemudian.

Perolehan suara PKB menurut dia semua merupakan hasil kerja kerja seluruh pengurus disetiap jenjang.

Menghadapi Pemilu 2019 seluruh pengurus  kata dia telah bekerja optimal. Mulai dari pelaksanaan  Pendidikan penguatan idelogi. Rekrutmen caleg semua tingkatan dalam rangka memastikan kesiapan PKB untuk menangi Pemilu. Kemudian menlaksnaka pembekalan dan mantapkan caleg Pada Desember 2018 di Poso.

“Dari kerja konsolidasi itu  maka kami optimis sebagai kontestan untuk bertarung dalam Pemilu 2019,”demikian Amin Tahir.

(mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.