Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tahun Depan, Seluruh SMP di Palu Ditarget UNBK

0 30

PALU EKSPRES, PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu menargetkan pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2020 mendatang, seluruh SMP Negeri di Palu menggelar UN berbasis komputer (UNBK). Hal ini ditegaskan Wali Kota Palu, Hidayat, di sela-sela kunjungannya meninjau pelaksanaan hari pertama UN di beberapa SMP di Palu, Senin 22 April 2019.

Ia menuturkan, seharusnya UNBK di seluruh SMP utamanya SMP Negeri di Palu ditargetkan terlaksana pada UN tahun ini. Namun, hal itu urung terwujud karena Palu dilanda bencana alam gempa bumi, tsunami dan likuefaksi beberapa waktu lalu.
“Saya berharap UNBK semua tahun depan. Sebenarnya tahun ini, persoalannya kemarin kita mengalami musibah gempa, sehingga pekerjaan seperti penambahan ruang untuk UNBK (di sekolah) terhambat,” kata Hidayat.

Ia menegaskan, pihak-pihak terkait yakni sekolah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu harus segera membuat perencanaan terkait hal-hal yang dibutuhkan untuk mewujudkan pelaksanaan UNBK di seluruh SMP Negeri di Palu, utamanya terkait dengan infrastruktur fisik penunjang UNBK. Karena kata Hidayat, pengajuan yang tidak dibarengi dengan perencanaan tidak akan diterima.

“Program-program fisik infrastruktur yang tidak ada perencanaannya di awal, itu saya coret semua sudah. Tidak ada pengajuan program yang bentuknya fisik yang tidak ada perencanaannya,” tegasnya.

Dalam peninjauannya tersebut, Hidayat didampingi Ketua DPRD Kota Palu, H. Ishak Cae, dan Kepala Disdikbud Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi.

Pada pelaksanaan UN tahun ini, sebanyak 19 SMP Negeri di Palu melaksanakan UNBK, dan 5 SMP Negeri lainnya masih UN berbasis kertas dan pensil (UNKP). Untuk sekolah swasta, sebanyak 14 SMP yang melaksanakan UNBK dan 9 SMP lainnya melaksanakan UNKP. Pelaksanaan UN SMP di Kota Palu diikuti sebanyak 5.595 siswa kelas IX, masing-masing 4.195 siswa mengikuti UNBK dan 1.400 siswa mengikuti UNKP.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.