Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pemkab Sigi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

0 189

PALU EKSPRES, SIGI– Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sigi menggelar apel siaga dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2019, Sabtu 20 April 2019, di lapangan bola, Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo.

Apel ini dipimpin langsung oleh Bupati Sigi, Mohamad Irwan dan diikuti oleh Asissten II, Kepala BPBD Kabupaten Sigi, Plt Kadis Kesehatan, perwakilan OPD, perwakilan Kepala BMKG Sulawesi Tengah. Selain itu dihadiri juga perwakilan Kapolres Sigi, perwakilan BPBD Provinsi Sulteng, PMI Sigi, Tagana dan siswa siswi di Kabupaten Sigi.

Bupati Mohamad Irwan dalam sambutannya mengatakan, sejak diterbitkannya Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, disebutkan bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor nonalam maupun faktor manusia. Ini kemudian yang menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan.

“Pada tanggal 28 September 2018 menjadi sejarah adanya bencana alam yang dialami di tahun kemarin. Untuk itu, dalam menghadapi situasi darurat bencana, apel ini menjadi hal wajib untuk kesiapsiagaan diri kita yang harus digalakkan, khususnya untuk masyarakat Sigi, agar selalu siap siaga dalam menangani bencana,” ujarnya.

Dikatakan Irwan, Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional dilaksanakan pada tanggal 26 April dengan pertimbangan bahwa pada tanggal tersebut, Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disahkan. UU ini merupakan perangkat hukum pertama yang merubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke prefentif atau pengelolaan resiko bencana.

Diakhir sambutannya, Bupati Sigi mengajak seluruh lapisan masyarakat secara turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin dalam hal kesiapsiagaan dari bencana. (mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.