Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bawaslu Nilai KPU Sigi Tidak Maksimal

0 23

PALU EKSPRES, SIGI – Ketua Bawaslu Sigi, Steni Pettalolo, menilai penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan KPU Sigi tidak maksimal.

Pasalnya kata Steni, dari hasil pantauan di lapangan pada pemilu serentak, Rabu 17 April 2019, banyak TPS di Kabupaten Sigi kekurangan surat suara.
“Dari 813 TPS yang ada di Kabupaten Sigi, ada sekitar 300 lebih TPS yang kekurangan surat suara pada saat pelaksanaan pemilu kemarin,” kata Steni, Sabtu 20 April 2019.

Steni mengungkapkan ada sebagian TPS yang kekurangan surat suara pada saat pemilu, bisa mendapatkan surat suara dari TPS terdekat. Namun, kebanyakan TPS yang kekurangan surat suara tidak mendapatkan surat suara tambahan sampai batas waktu pemilihan selesai.
Akibatnya, banyak warga yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Baik itu warga yang masuk dalam DPT maupun warga yang memilih menggunakan e-KTP.

Untuk data lengkap berapa jumlah warga yang masuk dalam DPT tidak menggunakan hak pilihnya pada saat pemilu, Bawaslu Sigi masih mengumpulkan data dari seluruh TPS yang ada di Kabupaten Sigi.
“Kita masih kumpulkan data dulu, nanti kita tahu berapa jumlah keseluruhan warga yang ada dalam DPT yang memiliki hak pilih namun tidak bisa memilih pada saat pemilu kemarin,” ujarnya.

Kalau sudah diketahui datanya lanjut kata Steni, Bawaslu Sigi sudah bisa mengetahui presentase pemilih pada pemilu 2019 di Kabupaten Sigi, apakah presentasenya naik atau malah turun dari pemilu sebelumnya.

(mg4/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.