Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bawaslu Sigi Datangi Sejumlah TPS Bermasalah

0 36

PALU EKSPRES, SIGI – Ketua Bawaslu Sigi, Steny Pettalolo, Rabu 17 April 2019 mendatangi sejumlah TPS di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Sigi yang dianggap bermasalah pada pemungutan surat suara.

“Yah kita harus turun langsung ke lapangan untuk mengetahui dengan jelas apa yang menjadi persoalan di TPS tersebut,” ungkap Steny Pettalolo.

Ia mengatakan, ada sejumlah TPS yang dibatalkan pemungutan surat suaranya karena adanya kesalahan surat suara. Yaitu seperti di TPS 02, TPS 05, TPS 07 Desa Karawana, Kecamatan Dolo.
‘Yah pada umumnya kesalahan surat suara calon anggota DPRD Kabupaten Sigi, dimana seharusnya warga yang ada di Kecamatan Dolo itu memilih calon anggota DPRD Kabupaten Sigi Dapil empat, tapi ini yang malah surat yang diberikan KPU surat suara calon anggota DPRD Kabupaten Sigi Dapil dua Kecamatan Palolo.

Oleh karena itu, KPPS memutuskan untuk tidak melanjutkan pemungutan surat suara,” terangnya.
Bawaslu Sigi kata Steny, setelah mendapatkan data dan informasi di lapangan, akan mengkordinasikan kepada KPU Sigi, kapan akan dilakukan pemungutuan surat suara ulang.

Selain itu kata Steny, Bawaslu Sigi tentunya akan mempertanyakan kenapa bisa terjadi kesalahan distribusi surat suara seperti ini.
“Kita sudah mendapatkan data dan informasi di lapangan, selanjutnya akan ditindaklanjuti ke KPU Sigi dengan mempertanyakan kenapa persoalan ini bisa terjadi, dan juga memastikan ke KPU kapan pemungutan surat suara ulang di sejumlah TPS tersebut dilakukan lagi,” ucapnya.

Untuk TPS 07 Desa Karawana kata Steni, barusan mendapat laporan dari Panwascam TPS, kalau pemungutan surat suara di TPS Tersebut dilanjutkan kembali pemungutan surat suaranya.
“Di TPS 07 Desa Karawana pemungutan surat suaranya bisa dilakukan dan tidak jadi dibatalkan, karena adanya ketersediaan surat suara,” ujarnya.
Steny Pettalolo mengakui, selain kesalahan surat suara, persoalan yang ditemui di lapangan oleh Bawaslu Sigi yaitu banyaknya TPS yang ada di Kabupaten Sigi yang kekurangan surat suara.
“Banyak TPS yang kekurangan surat suara, makanya sementara ini kita sudah lakukan pendataan. Salah satu kecamatan yang paling banyak kekurangan surat suara itu ada di Kecamatan Kulawi,” pungkasnya.

(mg4/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.