Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pengamanan Pemilu Ditebalkan di Area Ops Tinombala

0 75

PALU EKSPRES, PALU – Mapolda Sulteng dan Korem 132 Tadulako menambah jumlah personil pengamanan di area operasi Tinombala. Penebalan pasukan ini untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman keamanan saat pelaksanaan Pemilu tahun 2019.

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Lukman menyatakan, wilayah Sulteng khususnya tempat pelaksanaan operasi Tinombala mendapat atensi khusus dari Mabes Polri.

“Karena memang potensi kerawanan ancamannya ada diarea itu,” qkata Kapolda kepada wartawan, Selasa 16 April 2019.

Pihaknya jelas Kapolda telah melakukan estimasi dan identifikasi terkait kerawanan ancaman dalam pelaksanaan Pemilu. Jenis kerawanan menurut dia berbeda antara kabupaten yang satu dan lainnya.

Berdasarkan estimasi dan identifikasi, selanjutnya menyesuaikan jumlah pasukan yang akan ditempatkan di masing-masing kabupaten kota.

“Indikasinya memang ada. Makanya sandi operasinya mantap Brata. Ancaman tentang kerawanan yang sudah diestimasi  prediksi. Macam macam berbeda tiap kabupaten.Poso, Parigi,Palu dan Donggala,”ujarnya.

Terhadap hal itu, Polri dan TNI tambah dia telah bersinegeri untuk mendekatkan masing-masing kekuatan. Kemudian membangun sekat dan posko taktis di area area yang telah diidentifikasi.

Agar tidak memunculkan kekawatiran ditengah masyarakat terkait penebalan pasukan, Lukman menyebut jauh -jauh hari pihaknya telah melakukan pendekatan kepada masyarakat. Melalui berbagai program sosial dan keagamaan

“Sebulan lalu kami berupaya mendekatkan diri ke rakyat dengan program yang sifatnya menyentuh langsung  secara personal maupun dalam bentuk bakti sosial dan kegiatan keagamaan,” sebut Kapolda.

Selain itu, menjelang Pemilu, Mapolda dan Korem juga sudah mensosialisasikan peran TNI Polri pada saat Pemilu

” Bahwa TNI Polri siap mengawal. Agar kekawatiran masyarakat tidak terjadi,”demikian Kapolda.

(mdi/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.