Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Para Kepala Sekolah SMP di Palu Siap Kembali Gunakan Sistem Zonasi

0 34

PALU EKSPRES, PALU – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP di Kota Palu mengungkapkan kesepakatan bersama, untuk siap kembali menggunakan sistem zonasi pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Kota Palu pada tahun ajaran 2019/2020.

Ketua MKKS SMP Kota Palu, Ramlah M. Siri menyebutkan pihaknya telah siap melaksanakan sistem zonasi berdasarkan Peraturan Mendikbud RI nomor 51 tahun 2018, yang menempatkan 90 persen porsi penerimaan zonasi, 5 persen porsi penerimaan prestasi, dan 5 persen sisanya porsi penerimaan peserta didik yang mengikuti perpindahan orang tua.
“Kami siap melaksanakan PPDB zonasi sesuai Permendikbud nomor 51 tahun 2018. Karena tujuannya salah satunya adalah untuk pemerataan pendidikan di Kota Palu,” kata Ramlah, pada rapat PPDB bersama Kepala Disdikbud Kota Palu, di SMPN 9 Palu, Senin 15 April 2019.

Pada kesempatan tersebut Ramlah juga berharap Permendikbud nomor 51 tahun 2018 dapat menjadi acuan bagi Pemerintah Kota Palu, dalam menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) terkait PPDB tahun ajaran 2019/2020 mendatang. Ia juga berharap agar peraturan tersebut dapat dikeluarkan maksimal sebulan sebelum PPDB.

“Paling tidak sebulan sebelum PPDB dimulai sudah ada Perwalinya,” harap Ramlah.
Ia mengakui, PPDB berbasis zonasi yang telah tiga tahun dilaksanakan di Kota Palu menjadi perhatian bagi daerah lain, khususnya daerah-daerah di Provinsi Sulteng. Hal ini karena PPDB zonasi di Palu dapat terlaksana dengan baik.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.