Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Puluhan Ribu Calon Maba Untad Ikuti UTBK

0 133

PALU EKSPRES, PALU – Sebanyak 10.765 calon mahasiswa baru (maba) Universitas Tadulako (Untad) mengikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), sebagai bagian dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, yang dimulai pada Sabtu 13 April 2019.

Puluhan ribu calon maba tersebut akan memperebutkan sebanyak 50 persen dari total kuota penerimaan maba Untad tahun akademik 2019-2020.
Ketua Panitia SBMPTN Untad, Prof. Dr. Sutarman Yodo menyebutkan, pelaksanaan UTBK merupakan yang pertama kali digelar sebagai bagian dari seleksi penerimaan maba. Dari 10.765 calon maba, sebanyak 5.773 orang mengikuti seleksi sains dan teknologi (saintek) dan 4.992 orang mengikuti sosial humaniora (soshum).

“Jumlahnya itu akan dilayani dengan 16 sesi ujian, dari 20 sesi yang disiapkan,” kata Sutarman, pada penerimaan berita acara UTBK, di Media Center Untad, Sabtu 13 April 2019.

Pelaksanaan UTBK digelar pada hari Sabtu dan Minggu selama kurang lebih empat pekan dengan tiap harinya dilaksanakan 2 sesi ujian. Untuk mengakomodir puluhan ribu peserta, Untad bekerja sama dengan beberapa sekolah, yang menyediaka beberapa ruangan untuk pelaksanaan ujian. Yakni SMAN 1 Palu, SMA BK Palu, SMA Madani Palu, SMKN 1 Palu, SMKN 2 Palu, dan SMKN 3 Palu.

“Kegiatan UTBK akan menggunakan 30 ruangan. 6 ruangan di lingkungan kampus Untad, dan 24 lainnya di sekolah-sekolah yang menjadi mitra kita,” ujar Sutarman.

Rektor Untad, Prof. Dr. H. Mahfudz berharap pelaksanaa UTBK tahun ini dapat berjalan dengan lancar. Ia memastikan seluruh sarana pendukung pelaksanaan UTBK dalam keadaan sangat siap. Meski begitu, ia mengaku kemungkinan terjadinya pemadaman litsrik dapat menjadi kendala yang memengaruhi pelaksanaan UTBK.

Ia juga mendorong para pimpinan dan pihak-pihak terkait lainnya di lingkungan Untad dapat meningkatkan kuantitas sarana pendukung utama pelaksanaan UTBK, yakni perangkat komputer agar pelaksanaan UTBK di lingkungan kampus nantinya dapat ditingkatkan.

“Hal-hal seperti ini yang harus kita lengkapi.
Terutama juga untuk pendukung administrasi dan perkuliahan mahasiswa. Sekarang ini kita harus berterima kasih kepada sekolah-sekolah yang bersedia bermitra melaksanakan UTBK. Saya berharap semoga pelaksanaannya berjalan dengan baik,” pungkas Rektor. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.