Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Alumni Madrasah Harus Siap Hadapi Perubahan

0 64

 

PALU EKSPRES, PALU – Para lepasan Madrasah Aliyah sebagai bagian dari generasi muda, diingatkan untuk menyiapkan diri menghadapi perubahan dan tantangan zaman ke depan.

Menurut Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Irfan Abd. Gafar, para generasi muda saat ini yang disebut generasi Z nantinya akan hidup dan menjadi pemimpin pada masa generasi Alpha (generasi A). Olehnya, sejak dini sudah harus bersiap untuk menghadapi perubahan zaman tersebut.
“Dari generasi ke generasi pasti mengalami perubahan-perubahan yang begitu besar,” kata Irfan, saat mewakili Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Dr. H. Rusman Langke, pada acara pelepasan siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Kota Palu, di halaman MAN 1 Kota Palu, Kamis 11 April 2019.

Untuk menghadapi perubahan tersebut, serta menyiapkan diri menjadi pemimpin di masa akan datang, Irfan menyampaikan diperlukan beberapa paradigma berpikir yang harus dipola sejak saat ini, untuk menghadapi perubahan tantangan zaman tersebut.

Di antaranya adalah dengan menjaga hal-hal baik yang telah dicontohkan oleh para ulama, tokoh ilmu pengetahuan, serta para guru.
“Bagaimana kita berupaya untuk memelihara dengan baik, hal-hal baik yang telah dicontohkan tersebut,” jelasnya.

Selain itu, generasi muda juga dituntut untuk dapat mengambil hal-hal baru atau kekinian, yang dapat mendorong kemaslahatan bagi kehidupan pribadi dan sosialnya masing-masing. Dengannya setiap orang dapat terus mengejar peningkatan kualitas diri, dari yang baik menjadi lebih baik, dan yang lebih baik menjadi terbaik.
“Alumni Madrasah harus bisa menjadi pemimpin yang terbaik. Kita tidak cukup menjadi orang baik, tapi harus jadi yang terbaik di antara orang-orang baik,” tandas Irfan.

Pada kegiatan pelepasan siswa kelas XII tersebut, turut dirangkaikan dengan peringatan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Hadir memberikan tausyiah hikmah Isra Mi’raj adalah Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, H. Ma’sum Rumi.

Kepala MAN 1 Kota Palu, Hj. Zaenab berharap seluruh siswa kelas XII tahun ajaran 2018-2019 yang telah mengikuti tiga rangkaian ujian akhir, yakni Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) dapat lulus seratus persen.
“Semua civitas MAN 1 Kota Palu berharap para alumni dapat tetap menjaga nama baik Madrasah, karena itu merupakan bagian dari janji yang selalu diucapkan setiap harinya pada apel pagi,” ujar Zaenab.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.