Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Alumni Madrasah Tunjukkan Karakter Hebat dan Bermartabat

0 33

PALU EKSPRES, PALU – Para lulusan Madrasah diharapkan dapat menunjukkan karakter yang hebat dan bermartabat, di manapun alumnus tersebut melanjutkan langkah pendidikan atau karirnya.

Harapan ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, H. Ma’sum Rumi, pada perpisahan siswa kelas XII tahun ajaran 2018-2019 Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Kota Palu, di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa 10 April 2019.

Ia juga menekankan kepada seluruh alumni untuk terus menjaga nama baik Madrasah di manapun berada.
“Yang namanya alumni Madrasah, ketika melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi manapun nantinya, jadilah orang yang terhebat dan berkarakter baik di antara lainnya. Di manapun berada harus bisa menjaga nama baik almamater, tunjukkan Madrasah itu hebat dan Madrasah itu bermartabat,” tegas Ma’sum.

Ma’sum juga mendorong para alumni MAN 2 Kota Palu untuk terus melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Selain itu ia juga mengingatkan, sebagai generasi muda para alumni juga harus mampu mengejar kesuksesan sendiri, tidak bergantung sepenuhnya pada keberhasilan dan harta dari orang tua.
“Tidak ada kata berhenti menuntut ilmu, karena menuntut ilmu itu hukumnya wajib. Jangan bangga dengan harta dan keberhasilan orang tua, karena pemuda itu adalah orang yang harusnya bangga dengan keberhasilan dirinya sendiri,” tegasnya lagi.

Kepala MAN 2 Kota Palu, H. Muh. Anas menambahkan, hingga saat ini alumni MAN 2 Kota Palu telah banyak yang sukses pada berbagai karir yang dijalaninya. Di antaranya disebutkan Anas, telah banyak yang mengisi berbagai posisi di institusi pemerintahan. Prestasi tersebut menurutnya harus diingat merupakan buah dari peran serta para guru yang mendidik para siswa di Madrasah.

Ke depan, Anas menyampaikan MAN 2 Kota Palu akan terus berupaya berinovasi untuk mengembangkan kemampuan para alumninya. Di antara inovasi yang akan dikembangkan tersebut, adalah MAN 2 Kota Palu akan membuka kelas-kelas keterampilan. Salah satunya adalah kelas keterampilan Tata Busana, yang diungkapkannya akan mulai dibuka mulai semester ganjil tahun ajaran 2019-2020.
“Sehingga ini mewujudkan MAN 2 Kota Palu sebagai Madrasah plus keterampilan. Untuk hal ini kami sudah melakukan komunikasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan BLK,” kata Anas.

Ia menerangkan, nantinya selain mendapatkan ijazah akademik alumni MAN 2 Kota Palu juga akan mendapatkan sertifikat keterampilan. Selain itu, MAN 2 Kota Palu lanjut Anas, juga telah membuka kelas Tahfiz Alquran yang saat ini telah membina 65 orang siswa sebagai santri.
“Jadi lulusan kita di samping memiliki kemampuan akademik tetapi juga keterampilan. Selain tata busana juga akan dibuka kelas komputer dan desain grafis. Hal ini dilakukan karena tantangan zaman ke depan akan membutuhkan orang-orang atau lulusan Madrasah yang memiliki skill atau keterampilan, dan MAN 2 Kota Palu akan memenuhi hal itu,” tandasnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.