Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

10.411 Warga Sigi Belum Miliki e-KTP

0 55

PALU EKSPRES, SIGI  – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sigi mencatat ada ribuan warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. Padahal, pemilu tinggal beberapa hari lagi.
“Sampai hari ini ada 8.016 warga dari jumlah wajib KTP 179.801 warga Kabupaten Sigi yang belum melakukan perekaman e-KTP,” kata Kepala Bidang Data Disdukcapil Sigi Bachtiar, Selasa 9 April 2019.

Karena itu, Disdukcapil saat ini terus berupaya melaksanakan kegiatan perekaman e- KTP, dengan sistem jemput bola. Sebab, e-KTP menjadi syarat pemilih untuk menggunakan hak suaranya pada pemilu 17 April 2019 mendatang.
“Walaupun surat keterangan atau Suket diperbolehkan untuk digunakan dalam memilih pada pemilu nanti, namun Disdukcapil tetap mengupayakan untuk warga yang wajib KTP, bisa mendapatkan e-KTP,” terangnya.

Ia menyelaskan semua warga yang belum melakukan perekaman e-KTP tidak bisa ter-cover seluruhnya karena ada penduduk yang sampai saat ini belum bisa melakukan perekaman. Seperti warga yang sedang sakit, difabel dan jompo.

Ia mengakui, kendala lain yang ditemui Disdukcapil Kabupaten Sigi adalah upaya perekaman KTP di sekolah-sekolah, khususnya di SMK. “Ada beberapa siswa yang masih PKL. Sehingga pas kita datang siswa yang bersangkutan tidak bisa ikut perekaman,” ujarnya.

Selain itu kata Bachtiar, ada 2.395 warga yang tidak bisa mempunyai KTP, walaupun sudah melakukan perekaman. “Hal ini disebabkan karena data warga tersebut masuk kategori duplicaet record atau data bermasalah,” ungkapnya.

Permasalahan data warga ini menurut Bachtiar, karena ketidakjujuran warga. “Biasanya warga sudah merekam di tempat lain, pas di kantor bilangnya belum merekam. Jadi pas direkam, datanya jadi dobel. Oleh karena itu tidak bisa diproses untuk pencetakan e-KTP,” ujarnya.

Bachtiar menyebutkan, 2.395 warga yang bermasalah datanya hanya bisa dibersihkan oleh Dirjen kependudukan dan catatan sipil pusat. “Oleh karena itu, mudah-mudahan saja ribuan warga yang datanya bermasalah ini dapat selesai sebelum pemilu, agar supaya bisa dicetakkan e-KTP,” kata Bachtiar.

Secara keseluruhan kata Bactiar, ada 10. 411 warga di Kabupaten Sigi yang belum memiliki KTP. Dengan rincian jumlah warga yang belum merekam KTP sebanyak 8.016 ditambah warga yang datanya bermasalah sebanyak 2.395 orang.

(mg4/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.