Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

UTBK Dilaksanakan 16 Sesi Selama Empat Pekan

0 80

PALU EKSPRES, PALU – Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri memasuki tahapan lanjutan, setelah proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) usai digelar.

Kali ini para lulusan jenjang SMA/SMK/MA akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di masing-masing perguruan tinggi negeri.

Untuk pelaksanaan UTBK di Universitas Tadulako (Untad), sebagaimana disebutkan Koordinator Humas UTBK Untad, Dr. Darsikin, akan diikuti sekitar 10.800 orang pendaftar.
Para pendaftar tersebut akan mengikuti UTBK yang dijadwalkan digelar 8 hari dalam empat pekan, atau dua hari dalam sepekan. Dalam sehari dilaksanakan 2 sesi ujian.

“Totalnya ada 16 sesi, yang per hari dilaksanakan 2 sesi. Tiap pekannya dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu. Dimulai pada Sabtu 13 April 2019, jadi pelaksanaannya kemungkinan hingga empat pekan,” jelas Darsikin, saat dihubungi, Selasa 9 April 2019.

Darsikin juga mengungkapkan, tiap pendaftar dibolehkan untuk mengikuti maksimal hingga 2 sesi ujian. Hal ini dilakukan jika pendaftar tersebut masih ingin memperbaiki nilai hasil yang didapatkannya pada kesempatan pertama.

“Misalnya di sesi sebelumnya nilainya rendah, bisa memperbaiki nilai di sesi lainnya,” imbuhnya.

Pelaksanaan UTBK berkaitan erat dengan tahapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Mulai tahun ini, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan bahwa sebelum mengikuti SBMPTN pendaftar harus mengikuti UTBK terlebih dahulu. Selanjutnya nilai yang diperoleh di UTBK digunakan untuk mendaftar pada jurusan-jurusan yang tersedia di SBMPTN.

“Mekanismenya seperti itu.
Nilai UTBK itulah yang dipakai mendaftar dan memilih jurusan yang diinginkan,” pungkas Darsikin.

Para pendaftar UTBK Untad akan mengikuti ujian di beberapa ruangan yang tersedia di lingkungan Untad, serta di beberapa ruangan di sekolah-sekolah di Palu yang telah ditunjuk khusus sebagai lokasi pelaskanaan UTBK 2019.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.