Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hasil FGD Polres Parimo, Kewajiban Seluruh Masyarakat Menyukseskan Pemilu

0 62

PALU EKSPRES, PARIGI– Pemilu merupakan salah satu bentuk perwujudan pelaksanaan demokrasi. Tujuan pokok pemilu itu untuk memilih pemimpin atau ulil amri.

Jika pemilu sebagai sarana melahirkan pemimpin bangsa, maka pemilu itu menjadi keharusan/kewajiban untuk disukseskan oleh seluruh masyarakat.

Untuk menciptakan pemilu yang damai, nyaman dan berintegritas, Alquran memberikan tiga prinsip yang harus dipegang dalam proses demokrasi atau politik sebagaimana disebutkan dalam Surah Ali Imran ayat 159. Pertama, Sikap lemah lembut agar orang bisa simpati. Hindari ujaran kebencian dan saling menghujat.

Kedua, memberi maaf dan terbuka karena dalam proses demokrasi/pemilu pasti ada yang tidak puas atau terciderai hati dan perasaannya.

Ketiga, kebulatan tekad untuk melaksanakan apa yang telah diputuskan, meski ada yang tidak setuju.

Demikian salah satu poin yang terungkap pada Focus Group Discusion (FGD) yang dilaksanakan Polres Parimo bertajuk “Mewujudkan Pemilu 2019 yang bermartabat di Kabupaten Parigi Moutong”, bertempat di Hotel Oktaria Parigi, Senin (8/4/2019).
FGD ini dibuka oleh Kapolres Parimo, AKBP Zulham Efendi Lubis, SIK dan dihadiri oleh tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, pimpinan organisasi dan generasi muda sebanyak 150 orang.

Poin lainnya dalam FGD tersebut menyebutkan, bahwa Pemilu dalam konteks kebangsaan adalah panggilan negara buat anak bangsa yang punya komitmen dan jiwa kebangsaannya untuk menggunakan hak suaranya. Sedang pemilu dalam konteks agama dimaknai sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas negeri ini, sehingga kita punya tanggung jawab moral mensukses pemilu karena jika pemilu ini sukses dan damai maka kemakmuran dan kenyamanan akan terus terwujud. ***

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.