Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pelipatan Surat Suara, KPUD Sigi Libatkan 270 Relawan

0 67

PALU EKSPRES, SIGI– Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sigi mulai melakukan pelipatan surat suara pemilu 2019 dengan melibatkan 270 relawan, Senin 1 April 2019.

Pelipatan surat suara tersebut dijaga ketat satuan kepolisian dan diawasi oleh Bawaslu Sigi. Komisioner KPUD Sigi, Soleman mengatakan, pelipatan surat suara ini rencananya dilakukan selama satu minggu, sehingga melibatkan banyak relawan yang ikut membantu melipat surat suara.
“Yang melipat ini berjumlah 270 orang dan yang pertama kali dilipat surat suara DPRD Provinsi,” ungkapnya.

Relawan yang dilibatkan, kata Soleman, berasal dari semua lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Sigi. Ini bertujuan agar betul-betul berjalan dengan aman dan transparan.
“Kita melibatkan berbagai lapisan masyarakat, di sini ada mahasiswa, pelajar, tokoh masyarakat dan tokoh agama, yang dibagi menjadi 40 kelompok,” ujarnya.

Lanjut kata Suleman, untuk kabupaten Sigi, surat suaranya hampir mencapai 184.000 surat suara. ”Belum ditahu apa ada surat suara yang rusak atau tidak, soalnya ini hari pertama dilakukan pelipatan surat suara,” akunya.

Selain pelipatan surat suara kata Soleman, relawan juga akan menyortir surat suara yang rusak, robek, maupun yang kotor. Oleh karena itu, apakah nantinya ada surat suara yang rusak atau tidak nanti diketahui usai pelipatan dan penyortiran surat suara dilakukan selama seminggu ini.

(mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.