Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ajang Gorong Royong Masyarakat, Lurah Lolu Utara Giatkan Sabtu Bersih

0 222

PALU EKSPRES, PALU– Partisipasi warga dalam menjaga kebersihan lingkungan secara bergotong-royong mulai tumbuh ditengah masyarakat Kota Palu. Hal itu memang  menjadi harapan Wali Kota Palu Hidayat dalam menumbuhkan budaya gotong royong masyarakatnya.

Budaya dan semangat gotong royong tersebut setidaknya bisa terlihat saban hari Sabtu dan Minggu. Libur akhir pekan itu dimanfaatkan jajaran pemerintahan kelurahan dan satuan tugas kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan (Satgas K5) bersama warga membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

Pemandangan demikian terlihat Sabtu pagi 30 Maret 2019 di RT 03 RW 05 Kelurahan Lolu Kecamatan Palu Timur. Warga disana terlihat antusias bahu membahu bersama aparat kelurahan dan Satgas K5 melakukan aksi bersih bersih lingkungan sekitar tempat tinggal warga.

Libur akhir pekan itu dimanfaatkan jajaran pemerintahan kelurahan dan Satgas K5 bersama warga membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Foto: Hamdi/PE

Lurah Lolu Utara, Nanda Andriana turun langsung memimpin jalannya kerjabakti tersebut. Mereka mulai membersihkan sampah yang menumpuk dalam selokan seputar jalan Teluk Tomini Palu. Warga sekitar juga terlihat antusias ikut dalam kerja bakti.

Bukan hanya warga sekitar, aksi itu disambut baik pimpinan dan karyawan RRI Palu. Yang kemudian juga turun langsung bergotong royong melakukan kerja bakti bersama.

Jajaran pemerintahan kelurahan dan Satgas K5 bersama warga membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Foto: Hamdi/PE

Nanda Andriana kepada Palu Ekspres menyebut, partispasi karyawan RRI merupakan bentuk apresiasi mereka terhadap program kebersihan yang dicanangkan wali kota melalui program gerakan gali Gasa.

Pihaknya sendiri jelas Nanda, melakukan giat tersebut rutin setiap hari Sabtu. Dengan harapan, lebih banyak masyarakat yang terpanggil dengan kesadarannya sendiri untuk ikut dalam kerjabakti.

“Giat ini kami lakukan di wilayah Lolu Utara dengan berpindah pindah lokasi kerja bakti,”jelas Nanda.

Selain rutinitas kerja bakti membersihkan lingkungan, pihaknya bersama Satgas K5 lanjut Nanda juga menggiatkan patroli harian. Hal itu dilakukan dalam rangka memantau kegiatan masyarakat yang kemungkinan dapat mengganggu ketertiban umum.

“Kami rutin melakukan pengawasan serta pembinaan terhadap masyarakat maupun tempat-tempat yg dianggap rawan terjadinya ganguan pelanggaran ketertiban umum,”pungkasnya.

(mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.