Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Yasin Pimpin Rakor OPD dan NGO Bahas Pemulihan Bencana

0 27

PALU EKSPRES, DONGGALA – Wakil Bupati Donggala, Moh. Yasin S. Sos memimpin rapat koordinasi optimalisasi penanganan pascabencana gempa bumi dan tsunami 2018 bersama OPD dan NGO, di Aula Inspektorat, Kamis 28 Maret 2019.

Yasin dalam sambutannya menyampaikan Pemkab Donggala meminta kepada pimpinan OPD dan NGO untuk bersama-sama memikirkan soal pemulihan korban bencana.

Namun menurut Yasin, pemulihan tidak hanya berupa bangunan fisik sebagai tempat tinggal dan penyediaan air bersih, tetapi pemulihan dibidang pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terdampak bencana.

“Pemulihan kita fokuskan juga pada soal ekonomi dengan begitu beban masyarakat menjadi berkurang,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Bappeda Donggala, Rustam Efendi menjelaskan rapat koordinasi dengan OPD dan NGO kali ini membicarakan lebih ke arah tehnis, yakni terkait pemetaan yang sudah dilakukan oleh NGO dan Pemda.

Sejauh ini kata Rustam, Pemda dan NGO sudah merumuskan pemetaan 6 klaster matriks yaitu: pendidikan, kesehatan, ekonomi, klaster manajemen tempat pengungsian, klastergoss dan Klaster perlindungan perempuan dan anak.

Kepala Bappeda meminta kepada seluruh peserta rapat yang terkait dengan tugas dan fungsinya agar memimpin diskusi kecilnya terkait dengan klaster yang telah disebutkan, agar lebih komunikarif antara Pimpinan OPD dengan lembaga NGO.

(mg6/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.