oleh

Kemenag Sulteng Pusatkan HAB ke-71 di Touna

PERSIAPAN HAB – Kakanwil Kemenag Sulteng, Abdullah Latopada (tengah) bersama Ketua Panitia HAB Kemenag Sulteng, Nasruddin L Midu (kanan) dan Sekretaris Panitia, Rusli Anggo (kiri), pada rapat persiapan peringatan HAB ke-71 Kemenag tingkat Provinsi Sulteng, Senin 28 November 2016. (foto: HUMAS KEMENAG SULTENG)

*Sampaikan Poin Penting tentang Kerukunan

PALU, PE — Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, memutuskan Pelaksanaan puncak kegiatan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 tingkat Provinsi Sulteng akan dipusatkan di Kabupaten Tojo Unauna (Touna). HAB akan digelar awal Januari 2017 mendatang.

Keputusan ini berdasarkan hasil rapat panitia pelaksana HAB Kemenag Sulteng di aula Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, Senin 28 November 2016.“Kegiatan HAB di Touna nantinya, merupakan pertama kalinya kegiatan HAB tingkat Provinsi dilaksanakan di daerah (luar Kota Palu),” kata Ketua Panitia HAB Kemenag tingkat Provinsi Sulteng, Nasruddin L. Midu, saat ditemui usai rapat panitia.

Nasruddin mengatakan dalam pelaksanaan peringatan HAB Kemenag Sulteng di Touna nantinya, akan diisi beberapa agenda kegiatan, di antaranya jalan santai kerukunan, serta ramah tamah lintas tokoh agama dan pemerintah setempat. Dua fokus agenda tersebut, kata Nasruddin, sesuai dengan arahan dari Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Abdullah Latopada, pada rapat panitia.

“Setelah kegiatan jalan santai dan upacara peringatan HAB, kita juga akan melaksanakan silaturahim lintas tokoh agama, tentunya kita harapkan akan hadir semua pejabat Kemenag Sulteng, Pemda Touna serta para tokoh Agama. Nanti kita akan membangun dialog yang lebih harmonis,” jelas Nasruddin, yang juga Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Pendma) Kemenag Sulteng ini.

Kerukunan antarumat beragama, kata Nasruddin, menjadi salah satu poin penting yang disampaikan di HAB, karena isu tentang kerukunan umat beragama, akhir-akhir ini santer menjadi pembahasan di seluruh Indonesia.

Selain dua agenda utama tersebut, di Touna nantinya, pihaknya akan melaksanakan refleksi akhir tahun, yang diisi evaluasi program-program pada tahun 2016 serta rencana dan target yang akan dicapai pada 2017 mendatang.

“Pak Kakanwil juga mengharapkan, ada paparan pejabat eselon III para Kepala Kantor Kemenag dan para Kepala Bidang memaparkan evaluasi 2016 dan apa yang direncanakan di 2017, evaluasinya akan dikemas santai dan tidak terlalu formal,” lanjut Nasruddin.

Nasruddin juga mengungkapkan, setelah melaksanakan puncak kegiatan HAB di Touna, selanjutnya rangkaian kegiatan peringatan HAB, akan dilanjutkan di Palu. Di antaranya kegiatan lomba olahraga dan seni, serta bakti sosial.

“Bakti sosial kita rencanakan dalam bentuk sunatan massal, bekerjasama dengan Baznas Provinsi Sulteng, kemudian kita juga akan kunjungan ke panti asuhan,” tutup Nasruddin. (mg01)

News Feed