Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut, Di Sulteng Dipusatkan di Parimo

0 127

PALU EKSPRES, PARIGI – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Sulawesi Tengah menggelar sikat gigi bersama, penyuluhan, dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, berlangsung di halaman SD Toboli, Kecamatan Parigi Utara, Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu 23 Maret 2019.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia atau World Oral Health Day 2019.

Ketua Panitia hari kesehatan gigi dan mulut sedunia 2019, Kabupaten Parigi Moutong, drg Dedi Surianto ditemui usai kegiatan mengatakan, acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun secara nasional di seluruh Indonesia.
“Jadi kegiatan ini melibatkan minimal 500 orang siswa sekolah dasar (SD),” ujarnya. Dia mengatakan, untuk Sulawesi Tengah yang mewakili adalah, Kabupaten Parigi Moutong.
“Iya di Sulawesi Tengah hanya di Parigi Moutong dilaksanakan kegiatan seperti ini, tapi di Provinsi lain juga ada, seperti Sulawesi Selatan itu dipusatkan di Palopo,” jelasnya.

Dijelaskannya, kegiatan sikat gigi bersama ini melibatkan 4 sekolah di Kecamatan Parigi Utara di antaranya, SD Inti Pangi, SD Inpres 1 Toboli, SD Inpres 2 Toboli, dan SD Toboli.
Tujuan dari kegiatan sikat gigi bersama lanjut dia adalah untuk mengkampanyekan, serta upaya promosi dan pencegahan terutama pada kesehatan gigi dan mulut anak sejak dini.
“Yang diutamakan peserta didik karena untuk pencegahan sejak dini, kegiatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di Parigi Moutong,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan sikat gigi bersama, penyuluhan, dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut tersebut, anak-anak khususnya di Parigi Moutong dapat memahami cara menyikat dan memelihara kesehatan gigi dengan baik dan benar.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Parimo, dr Agus S. Hadi mewakili Bupati dalam sambutannya mengatakan, kalau gigi tidak sehat maka bisa mengundang banyak penyakit. Sebab, di gigi banyak bertumpuk kotoran sisa makanan pada saat kita lupa menggosok gigi.
“Saya berharap sebagai orang tua kalian tolong nanti benar-benar didengarkan apa yang disampaikan oleh dokter-dokter gigi kita, yang kemudian dilaksanakan di rumah bagaimana cara gosok gigi yang baik,” ujarnya.

(asw/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.