Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

BPN: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Terkunci, Sudah ‘Lampu Merah’

0 28

PALU EKSPRES, JAKARTA – Pasangan nomor urut 01 Jokowi dan Ma’ruf Amin semakin gencar melakukan kampanye di Jawa Barat. Bahkan Tim Kampanye Nasional (TKN) pede suara Jabar bakal bisa direbut.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhud Alynudin mengatakan statment kubu petahana hanya klaim saja. “Jadi saya kira itu hanya klaim saja ya,” ujar Suhud saat dihubungi, Sabtu (23/3/2019).

Suhud menilai, apa yang disampaikan Kubu 01 sejatinya bentuk kepanikan mereka menanggapi hasil survei Litbang Kompas. Pasalnya jelang sebulan lagi masa pencoblosan, elektabilitas Jokowi masih di bawah 50 persen.

“Kenyataanya hasil survei elektabilitas 01 terkunci di bawah 50 persen. Capres petahana dengan elektabilitas itu tentu sudah lampu merah,” katanya.

Oleh sebab itu Suhud yakin Jabar maupun Banten tetap menjadi basis kantong suara paslonnya. Di sisi lain, Jokowi-Ma’ruf masih belum mampu merebut suara di dua provinsi tersebut.

“Lihat saja di Pilpres 2014, Jawa Barat dan Banten basis Pak Prabowo. Walaupun Jokowi dengan pencitraan maksimal. Tapi Jawa Barat tetap dimenangkan Prabowo,” pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas elektabilitas Jokowi dan Prabowo selisih 11,8 persen. Jokowi-Ma’ruf mendapat 49,2 persen, sedangkan Prabowo-Ma’ruf 37,4 persen. Sedangkan sebanyak 13,4 persen masih merahasiakan pilihannya.

Elektabilitas Prabowo-Sandi naik 4,7 persen dalam enam bulan, dari 32,7 persen pada Oktober 2018 menjadi 37,4 persen pada survei kali ini. Sebaliknya, rivalnya, Jokowi-Ma’ruf turun 3,4 persen, dari 52,6 persen pada Oktober 2018 menjadi 49,2 persen.

(gun/jpc)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.