Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Deklarasi Bhineka Cinta Damai, untuk Poso yang Damai

84

BERBEDA TAPI SATU – Peserta Deklarasi Bhineka Cinta Damai di Poso. (foto: FERRY TIMPAROSA/PE)

POSO,PE – Pemda Poso bersama pihak kepolisian resort Poso menggelar Deklarasi Kebinekaan Cinta Damai untuk lebih menjaga perdamaian di Kabupaten Poso. Deklarasi yang di rangkaikan dengan  penutupan Hari Keluarga Nasional (HKN) di lapangan Sintuwu Maroso, Kamis 24 November 2016.

Wakil Bupati Poso, T Samsuri, dalam kata sambutan menandaskan kebhinekaan cinta damai sebagai wujud kebhinekaan yang cinta damai dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Kata Samuri, Bhinekka Tunggal Ika bukan hanya diartikan kata-kata saja, tetapi khebinekaan harus dimaknai masyarakat melalui pemahaman multikulturalisme.

“Saya juga berpesan, warga di Poso untuk terus menjaga perdamaian dan keamananya agar kondisi poso semakin membaik,”tandasnya.

Terpisah, Kasat Binmas Polres Poso, AKP Alfian Komaling, mengatakan deklarasi itu terlaksana berkat kerja sama kepolisian dan Pemda Poso untuk mengkampanyekan perdamaian di Poso, agar terus terjaga dengan baik demi keamanan di Poso.

“Yang jelas kami mendapatkan dukungan dari pemda Poso untuk buat acara ini,” ungkap Alfian.

Deklarasi itu dihadiri ratusan PNS di lingkungan Kabupaten Poso, serta jajaran TNI dan Polri. Dan, diramaikan dengan tari-tarian adat Poso dan vocal grup dari sejumlah Puskesmas di Poso. Puncak acara ditutup dengan penandatanganan kesepatakan deklarasi Kebhinekaan untuk cinta damai oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, Wakil Bupati Poso, kapolres Poso, dandim 1307 Poso dan Forkompinda. (fer)

Komentar ditutup