Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pemkot Palu Perkuat Peran Serta Satlinmas dalam Pemilu 2019

0 48

PALU EKSPRES, PALU – Satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) akan menjadi bagian penting dalam proses pungut hitung suara pada Pemilu, April 2019 mendatang. Mereka akan diperbantukan sebagai pengamanan tempat pemungutan suara (Pam TPS).

Secara kelembagaan Satlinmas kini berada dibawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).

Sekaitan hal itu, Satpol PP Palu secara khusus memberi penguatan bagi untuk peran serta Satlinmas menyukseskan Pemilu. Ratusan anggota Satlinmas se Kota Palu diikutkan dalam sosialisasi peran serta anggota Satlinmas untuk menyukseskan Pemilu legislatif , Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Sosialisasi itu digelar masing-masing untuk Satlinmas Kecamatan Palu Utara – Tawaeli pada 27 Februari 2019.
Untuk Kecamatan Palu Barat – Ulujadi pada tanggal 6 Maret 2017. Kecamatan Palu Selatan- Tatanga pada tanggal 11 Maret 2019. Dan diakhiri untuk Kecamatan Palu Timur dan Mantikulore pada Kamis 14 Maret 2019.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Satpol PP Palu, Nathan Pagasongan menjelaskan, secara umum Satpol PP dan Satlinmas akan membantu setiap tahapan Pemilu yang dilaksanakan penyelanggara.
Dalam hal ini, KPU, Bawaslu dan DKPP.

Perbantuan Satlinmas menurutnya dimulai sebelum hari H pungut hitung Pemilu 17 April 2019 nanti. Karenanya jelas Nathan, anggota Satlinmas perlu dibekali hal-hal teknis terkait keterlibatannya nanti dalam Pemilu.

“Karena sebelum hari H Pemilu mereka sudah ikut membantu penyelenggara,”kata Nathan, Kamis 14 Maret 2019.

Beberapa tugas penting yang akan menjadi bagian tanggung jawab Satlinmas diantaranya ketika proses pungut hitung berlangsung di tempat pemungutan suara (TPS). Setiap TPS, ditempatkan dua anggota Satlinmas.
Selain pengamanan, mereka bertugas memastikan seluruh pemilih yang telah menyalurkan hak pilihnya ditandai dengan tinta.

“Menjaga di pintu masuk dan keluar TPS,”katanya.

Kemudian ikut membantu distribusi undangan untuk memilih kepada masyarakat (Formulir C6). Memastikan undangan yang tersebar sampai kepada pemilih  sebagaimana dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Satlinmas nantinya akan ikut membangun TPS membantu petugas  kelompok panitia pemungutan suara (KPPS). Bahkan mengawal distribusi kotak kertas suara hasil  hasil pungut hitung dari tingkat KPPS ke tingkat panitia pemungutan suara (PPS) serta dari PPS ke tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) hingga ke KPU.

“Satlinmas tingkat kelurahan mengawal pengantaran surat suara dari KPPS ke PPS.
Sedangkan Satlinmas kecamatan mengawal dari PPS ke PPK. Selanjutnya ke KPU,”jelas Nathan.

Mendekati hari H Pemilu, Satlinmas pun papar Nathan akan diperbantukan pada satuan tugas kebersihan, keindahan, ketertiban kemanan dan kenyamanan (Satgas K5) masing-masing kelurahan. Ini untuk mengantisipasi adanya gejolak sebelum Pemilu.

“Disini Satgas K5 dan Satlinmas akan melaksanakan penjagaan, pengawalan dan patroli untuk menjaga ketertiban dan keamanan menjelang Pemilu,”ujarnya.

Bahkan lanjut Nathan, KPU dan Bawaslu serta Satpol PP akan melibatkan Satlinmas dalam proses penertiban alat peraga kampanye (APK). Sehingga nantinya kerja kerja Penyelengara dapat berjalan optimal.

Nathan menambahkan, anggota Satlinmas yang akan terlibat dalam Pemilu 2019 banyak yang berganti ditingkat kelurahan.
Untuk itu pihaknya merasa penting memberikan pemahaman teknis hal hal terkait penyelenggaraan Pemilu nanti.

“Kami berharap peran serta Satlinmas nantinya bisa mengoptimalkan penyelenggaraan Pemilu,”demikian Nathan.

Untuk diketahui, dalam sosialisasi anggota Satlinmas mendapat penguatan materi masing-masing dari Komisioner KPU dan Bawaslu Palu.

(mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.