Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

DPUPRP Parimo Bangun MCK di Moutong dan Sausu

0 44

PALU EKSPRES, PARIGI– Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan membangun MCK yang tersebar di wilayah Kecamatan Moutong dan Sausu.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, Permukiman DPUPRP Parimo, Vadlon, mengatakan, pembangunan tersebut bersumber dari dana alokasi kusus (DAK) senilai kurang lebih Rp 10 Miliar.

“Cuma kita kan baru selesai penetapan SK rencana kerja kegiatannya dari Bupati. Tapi kalau SK dari kementerian sudah ada,” kata Vadlon saat ditemui media ini di kantornya, Rabu 13 Maret 2019.

Anggaran Rp 10 Miliar tersebut, kata dia, berasal dari dua DAK. Yakni, dana afirmasi dan reguler.”Jadi Rp 3 miliar lebih reguler dan sisanya itu dana afirmasi. Afirmasi kan, melalui tender sedangkan yang reguler dikerjakan masyarakat,” ujarnya.

Pembangunan MCK tersebut menurutnya, menindaklanjuti data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong terkait dengan kondisi lingkungan masyarakat yang jauh dari kata sehat di wilayah tersebut. Sebab, di wilayah itu masih banyak masyarakat yang buang air besar (BAB) di sungai karena belum memiliki jamban. Ini juga berpengaruh tentunya pada kondisi stunting atau gizi buruk.

“Tapi, secara akses dia sudah mengakses buang air besar di jamban tetangganya tetapi secara pribadi dia belum punya. Jadi itu yang kita coba gabungkan dengan desa. Desa yang tanggung closet, kami septik komunalnya itu sanitasi yang ada sama kita,” jelasnya.

(asw/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.