Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kemendikbud Sosialisasikan Pendekar Inspiratif

0 33

PALU EKSPRES, PALU – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, melalui Direktur Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Triana Wulandari, melakukan sosialisasi program Penguatan Pendidikan Karakter melalui Media Inspiratif (Pendekar Inspiratif), di hadapan sejumlah Kepala SMP Negeri dan Swasta di Kota Palu, di ruang guru SMP Negeri 3 Palu, Rabu 13 Maret 2019.

Pada kesempatan tersebut, Triana menyampaikan bahwa Direktorat Sejarah Kemendikbud RI memiliki visi meningkatkan kesadaran sejarah untuk seluruh masyarakat, utamanya anak-anak muda atau pelajar agar sadar tentang pentingnya memahami sejarah, utamanya sejarah lokal sebagai identitas.

Program Pendekar Inspiratif jelas Triana, merupakan salah satu sarana mewujudkan visi tersebut, dalam bentuk pemutaran film-film yang bernafaskan sejarah budaya. Rencananya program tersebut akan digelar pada 25-26 Maret 2019 mendatang.
“Filmnya merupakan film-film pilihan dan akan ditonton oleh guru dan siswa. Ini film-film pilihan, sebab bisa menginspirasi, memberi motivasi dan spirit bagi guru dan siswa dalam berkehidupan. Film yang diputar akan disesuaikan dengan karakteristik masyarakat Palu,” jelasnya.

Ia menambahkan, karena Palu merupakan salah satu wilayah yang terdampak bencana alam beberapa waktu lalu, maka film yang diputar pada Pendekar Inspiratif nantinya diharapkan dapat menjadi spirit dan trauma healing bagi seluruh pelajar di Kota Palu.
Nantinya, dalam program tersebut Kemendikbud juga akan menghadirkan film maker, yang akan mengajari para siswa cara membuat film pendek.
“Nanti pelajar di sini dipersilakan mengambil judul sejarah lokalnya untuk dijadikan film pendek, dengan durasi waktu tiga menit,” imbuhnya.

Triana menargetkan, program Pendekar Inspiratif dapat menarik minat para pelajar dan guru di Kota Palu. Diharapkan yang akan hadir pada kegiatan tersebut antara 500 sampai 700 orang pelajar dan guru.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.