Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

YPBK Kampanyekan Damai Lewat Seni

0 98

PALU EKSPRES, PE – Banyak cara untuk  mengampanyekan perdamaian. Salahsatunya dengan pendekatan kesenian. Cara ini dinilai cukup efektif bagi Yayasan Pelayanan Bala Keselamatan (YPBK).

Melalui sebuah kegiatan bertajuk Vision of Peace Award 2019, pesan pesan dan promosi damai disampikan melalui karya seni. Kegiatan ini  terselenggara atas kerjasama visions of peace yang berafiliasi International Film Festival Group.

Kegiatan itu digelar bersama YPBK dan visions of peace, Sabtu 8 Maret 2019 di Sekolah Bala Keselamatan Palu. Sebanyak 230 karya seni dari ratusan pelajar dilombakan dalam kegiatan itu. Mulai dari tingkat taman kanak-kanak , sekolah dasar, menengah dan tingkat atas segala Kota Palu

Ambassador Vision of Peace Award, Jan Cristian Nelwan, menjelaskan, kampanye perdamaian lewat seni sudah mereka gagas sejak delapan tahun lalu. Dan telah dilaksanakan sedikitnya 18 kota di Indonesia.

“Sasaran kita dalam kampanye ini adalah usia anak,”Jan Christian dalam pembukaan vision of peace award, Sabtu 8 Maret 2018.

Sementara itu, Direktur Vision of Peace Awards 2019, Irene Christina  dalam sambutannya menyebut, kegiatan tersebut memiliki misi untuk menggunakan cara-cara kreatif dalam mempromosikan perdamaian.

“Karenanya harus dikenalkan sejak usia dini dan kami memilih seni sebagai medianya,”sebut Irene.

Mengkampanyekan perdamaian dunia kata Irene bisa dilakukan dengan cara-cara yang lembut seperti seni. Para peserta yang merupakan anak-anak diajak menjabarkan makna dari perdamaian itu sendiri dari sudut pandang masing-masing.

Vision of Peace jelasnya mencoba mengajak anak-anak untuk menjabarkan makna dari perdamaian itu sendiri. Sebab kebebasan mengekspresikan perdamaian melalui seni pada akhirnya melahirkan makna perdamaian dari sudut yang berbeda.

Hal yang menarik dari kegiatan ini lanjut Irene adalah menempatkan anak sebagai subyek dari perdamaian itu sendiri. Bahwa anak, dalam dunia mereka, mengenal perdamaian dan mengimplementasikan dalam kehidupannya dengan cara yang lebih baik dibanding orang-orang dewasa.

“Kami sangat bangga kegiatan ini dilaksanakan dipalu, visi perdamaian memang harus dilakukan sejak dini agar strategi pendidikan lebih berkualitas. Terima kasih atas perhatian dan dukungan Vision Of Peace Jakarta pada Pemerintah Kota Palu.

Sementara itu Pengurus YPBK Palu, Mayor Mariani Gule menyatakan,  pihaknya merasa bangga bisa menjadi bagian dalam kegiatan tersebut. Menurutnya generasi muda saat ini memiliki daya kreativitas tinggi dalam menciptakan karya kaya seni yang indah.

“Mereka telah banyak menciptakan karya karya indah dan memahami arti perdamaian itu sendiri dari dalam hatinya,”kata Mayor.

Dalam dunia pendidikan Kristen , topik perdamaian ujar dia selalu menjadi sentral. Karena hal itu merupakan bagian integral dari inti ajaran kasih.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu Ansyar Sutiadi yang turut hadir mengapresiasi kegiatan tersebut. Karya karya yang menjadi pemenang dalam ajang itu menurutnya akan memberi arti dalam tentang perdamaian.

“Saya berharap ke depan akan lebih banyak lagi anak muda khususnya di Kota Palu yang membawa visi perdamaian ini kepada seluruh generasi muda Indonesia,“demikian Ansyar. (***)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.