Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

PGRI Siap Berkontribusi pada Pengembangan Guru Vokasi

0 52

PALU EKSPRES, PALU– Ketersediaan guru vokasi di bidang tertentu saat ini dinilai masih mengalami kekurangan secara nasional. Terkait hal ini, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Dr. Unifah Rosyidi, menyebutkan PGRI siap ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam pengembangan SDM guru vokasi ke depan.

“PGRI bukan hanya meminta tapi juga memberi sumbangan pemikiran, karena kami juga ingin menjadi bagian dari penggerak perubahan,” kata Unifah, di sela-sela kunjungannya ke Palu, Jumat 8 Maret 2019.

Kontribusi tersebut, jelas Unifah, salah satunya adalah PGRI saat ini sedang berupaya menulis sebuah buku, terkait dengan pengembangan guru vokasi. Sehingga diharapkan dapat membantu pemerintah mengatasi persoalan kekurangan guru vokasi di sekolah-sekolah kejuruan seluruh Indonesia.

“Kita sedang mencoba menulis buku, untuk memberikan sumbangan pemikiran kepada pemerintah untuk proses pengembangan SDM ke depan,” ujarnya.

Ia menekankan, saat ini pendidikan vokasi menuntut para guru memiliki keterampilan yang menyesuaikan dengan tuntutan revolusi industri 4.0, bahkan menuju pada society 5.0. Hal ini menurut Unifah, di antaranya dapat dilakukan dengan membangun krativitas melalui pola pikir digital, literasi digital dan transformasi digital. “Apa-apa saja tahapannya itu sedang diupayakan,” imbuhnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.