Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bukti Hubungan Antarumat Beragama Harmonis, Seluruh Etnis Hadir Saat Pawai Ogoh-ogoh di Parimo

0 110

PALU EKSPRES, PARIGI– Umat Hindu di Desa Tolai Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), menyambut Hari Raya Nyepi dengan menggelar pawai Ogoh-ogoh, Rabu 6 Maret 2019 sekitar pukul 16.00 Wita

Pawai tersebut diikuti ribuan umat Hindu dengan mengarak replika patung raksasa yang diarak warga berkeliling desa. Upacara ritual tersebut menurut ajaran Hindu, bertujuan untuk menetralkan keadaan alam dari gangguan roh jahat yang biasa mengganggu umat manusia.

Adapun ogoh-ogoh tersebut gambaran hal buruk dalam diri manusia yang diwujudkan dalam wujud raksasa. Sehingga, di akhir pawai, ogoh-ogoh dibakar sebagai simbol telah melenyapkan sifat buruk dalam diri manusia umat Hindu.

Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai yang mewakili Bupati saat menghadiri pawai ogoh-ogoh di Desa Tolai dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Parimo, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, terutama kepada panitia sehingga kegiatan tersebut terselenggara.

“Mudah-mudahan semua yang kita lakukan ini demi kebersamaan kita. Kalau saya lihat yang hadir ini bukan hanya umat Hindu tetapi seluruh umat beragama dan semua etnis juga hadir untuk menyaksikan pawai ogoh-ogoh ini,” ujarnya.
Dengan hadirnya semua agama lain di kegiatan tersebut lanjut dia, merupakan suatu pertanda bahwa Parimo sudah menjaga serta menjalin hubungan antarumat beragama dengan baik.

“Insya Allah hal seperti ini kita jaga bersama sampai di masa-masa yang akan datang,” katanya.

(asw/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: