Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bawaslu Donggala Akan Kembali Tertibkan APK

0 86

PALU EKSPRES, DONGGALA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Donggala kembali akan melakukan penertiban Alat Peraga (AP) dan Alat Peraga Kampanye (APK) milik sejumlah peserta Pemilu yang dinilai melanggar.

Ketua Bawaslu Donggala, Minhar, ST mengatakan, di beberapa Kecamatan sudah ditemukan pelanggaran pemasangan APK yang dilakukan oleh peserata Pemilu. Sejauh ini Panwas Kecamatan sudah melakukan penertiban APK tersebut.

“Kita akan monitoring lagi untuk pemasangan APK. APK yang melanggar kita sudah tertibkan. Dan APK itu kita sudah kembalikan kepada yang bersangkutan,” katanya, Selasa (5/3/2019)

Minhar menjelaskan, penertiban PK dan APK berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 dan PKPU nomor 23 tahun 2018. Dikatakannya, ada zona yang sudah ditentukan oleh penyelenggara Pemilu untuk memasang PK dan APK.

“PK dan APK tidak boleh dipasang dirumah ibadah, gedung milik pemerintah, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, dan lembaga pendidikan. Kami mengimbau agar peserta pemilu tidak memasang PK dan APK ditempat-tempat tersebut,” ujarnya.

Selain itu beber Minhar, untuk bahan kampanye seperti stiker, selebaran, poster, pakaian, penutup kepala, alat minum, kalender, pin, atau alat tulis juga tidak boleh dipasang ditempat-tempat yang sudah disebutkan.

“Kalau kami temukan akan kami tertibkan,” tegasnya.

(mg6/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.