Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Huntap Tahap Satu Dibangun 1.000 Unit

0 77

PALU EKSPRES, PALU – Pembangunan hunian tetap (Huntap) dari Yayasan Budha Tzu Chi resmi dimulai. Itu  ditandai  dengan peletakan batu pertama pembangunan Huntap, Senin 4 Maret 2019.

Lokasinya terletak di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Palu. Lokasi pembangunan Huntap akan memakai lahan seluas kurang lebih 80hektar diatas sebuah lahan hak guna bangunan (HGB) yang diserahkan sebagian oleh pemilik HGB.

Wakil Ketua Yayasan Budha Tzu Chi di Indonesia, Sugianto Kusuma yang hadir dalam peletakan batu pertama menyebut, jumlah Huntap yang akan dibangun diatas lahan itu sebanyak 1000 unit.

Menurut dia, bantuan itu merupakan bentuk cinta kasih yayasan yang diberikan secara universal tanpa memandang agama dan bangsa.

“Jadi ini universal untuk semua,”kata Sugianto dalam sambutannya.

Jauh sebelum pembangunan Huntap, pihaknya jelas Sugianto sudah menyalurkan bantuan berupa logistik dan hunian sementara (Huntara).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng, Hidayat Lamakarate dalam sebutannya mengatakan, yayasan berencana menyalurkan sebanyak 3000 Huntap ke wilayah Sulteng. 1000 diantaranya dibangun di Kelurahan Tondo.

Pihaknya berharap, yayasan juga membangun 1000 unit lainnya di Kabupaten Sigi jika sudah ada lahan yang disiapkan

“Peluang ini harus ditangkap. Kami harap Pemda Sigi bisa segera menyiapkan lahan,”harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Palu, Hidayat menjelaskan, warga yang akan direlokasi ke Huntap adalah warga yang benar benar kehilangan rumah akibat bencana. Namun warga tersebut sebelumnya akan melalui proses verifikasi.

“Kita harap ini diprioritaskan bagi yang benar benar mendesak untuk segera relokasi,”jelas Hidayat kepada wartawan.

(mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.