Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Badan Layanan Umum Pemerintah Bisa Saling Pinjam Dana

0 69

PALU EKSPRES, JAKARTA– Kementerian Keuangan (Kemekeu) tengah mengkaji layanan pinjam-meminjam dana sesama badan layanan umum (BLU) pemerintah.

BLU adalah instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan pencarian keuntungan.

BLU bekerja berdasar prinsip efisiensi dan produktivitas. Yang disebut BLU, antara lain, puskesmas, RSUD, serta kampus.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pinjam-meminjam ini dilakukan jika ada BLU yang mengalami pengetatan likuiditas.

BLU lain yang mengalami kelonggaran likuiditas bisa meminjamkan dananya kepada BLU yang sedang kekurangan.

’’Kajian tentang hal ini dibahas lebih dalam,’’ kata perempuan yang kerap disapa Ani tersebut di kantornya, Selasa (26/2/2019).

Pinjam-meminjam dana akan memudahkan BLU karena tidak perlu menunggu laporan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada akhir tahun untuk melaksanakan program.

Jadi, program dari BLU tersebut tetap bisa dikerjakan ketika sudah mendapat pinjaman dari BLU lain.
Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto Harjowiryono menuturkan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) terkait dengan fasilitas pinjam-meminjam antar-BLU ini.

’’Kami sounding dengan otoritas moneter. Surplus dan defisit finansial BLU ini bisa dikolaborasikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada,’’ ujar Marwanto.

Selama 2018, realisasi pendapatan BLU mencapai Rp 55,4 triliun atau 128 persen dari target APBN yang dipatok Rp 43,3 triliun.

Realisasi pendapatan BLU itu meningkat 17,12 persen dari realisasi 2017 sebanyak Rp 47,3 triliun. (rin/c14/oki)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.