Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Siswa Terdata di Dapodik Belum Tentu Peroleh Dana PIP

0 90

PALU EKSPRES, SIGI– Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sigi, Ali mengakui tidak semua siswa mendapatkan dana Program Indonesia Pintar (PIP).

“Semua itu tergantung dari kementerian pendidikan yang bekerjasama dengan kementerian sosial. Kita hanya menyodorkan data, yang menentukan dari kementerian,” ujarnya.

Ali mengatakan, kalau dari Dikbud Kabupaten Sigi berkeinginan semua siswa di Kabupaten Sigi itu mendapatkan bantuan PIP. Akan tetapi Dikbud tidak memiliki kewenangan menentukan siapa saja yang mendapatkan dana PIP. “Kita semata-mata hanya menginput data dari sekolah dan langsung ditindaklanjuti oleh kementerian,”jelasnya.

Ia mengatakan, tidak semua memang data pokok pendidikan (Dapodik) mendapat dana PIP karena kuota bantuan memang terbatas. Semua sekolah memang sudah mengusulkan siswanya agar supaya bisa mendapat dana PIP, tapi sekali lagi itu ditentukan oleh pusat.

“Tentunya menyesuaikan anggaran yang ada dan pertimbangan lainnya,” ujarnya.

Ali juga meminta agar seluruh sekolah di Kabupaten Sigi harus menggunakan satu operator pendataan siswa agar bisa fokus dalam pendataan siswa. Sebab, kalau banyak operator di sekolah yang menginput data siswa bisa kacau pendataannya.

Untuk di Kabupaten Sigi, siswa kelas 1 dan kelas 6 SD mendapat Rp225.000. Kelas 2 sampai kelas 5 Rp 450.000. “Dana Rp450.000 untuk kelas 2 sampai kelas 5 untuk 1 tahun. Sedangkan untuk dana Rp225.000 untuk kelas 1 dan kelas 6 untuk satu semester saja,” jelasnya.

Bagi SMP di Kabupaten Sigi itu, untuk kelas VII dan kelas IX mendapat dana PIP Rp375.000. Sedangkan untuk kelas VIII mendapatkan Rp750.000.

(mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.