Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Memudahkan Pencairan DD dan ADD, DMPD Parimo Membagi Tiga Zona

0 98

PALU EKSPRES, PARIGI– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menggelar sosialisasi tentang Pengalokasian Dana Desa tahun 2019.

Pada sosialisasi tersebut, DPMD menghadirkan tiga perbankan yaitu, Bank Mandiri, BPD dan BNI. Tujuannya, mempermudah dalam melakukan pelayanan pencairan dana tiap desa.

“Untuk menjadi lebih muda lagi dari pencairan dana desa sebelumnya,” kata Kepala Dinas DMPD Parimo, Fit Dewana kepada media ini di kantornya, Kamis 14 Februari 2019.

Menurut dia, jika pelayanan hanya dilakukan di salah satu Bank saja seperti tahun kemarin, itu dinilai sulit dalam melakukan pencairan dana desa bagi Kepala Desa.

Hal ini kata dia, merupakan kebijakan Bupati untuk memudahkan bagi kepala desa dalam hal pencairan dana desa.

Dia menjelaskan, untuk pencairan DD maupun ADD nantinya dibagi dalam tiga zona. Misalnya, Bank Mandiri melayani Kecamatan Parigi Selatan hingga Kasimbar.

Sedangkan BPD untuk zona Kecamatan Torue, Balinggi, Sausu, Bolano, Bolano Lambunu, Taopa, dan Kecamatan Moutong.

Selanjutnya, BNI melayani, mulai dari Kecamatan Ongka Malino, hingga Tinombo Selatan.

Selain itu, pihaknya juga membuatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk aparat maupun kepala desa.

“Jadi, BPJS Ketenagakerjaan aparat desa ini akan kami berlakukan mulai tanggal 1 April 2019 mendatang. Kemudian alokasi dananya untuk BPJS Ketenagakerjaan itu, masuk melalui APBD dari operasional tiga persen, kemudian melalui gaji aparat desa dua persen,” jelasnya.

Sehingga, BPJS ini tambahnya, merupakan suatu bentuk penghargaan pemerintah Kabupaten Parimo untuk aparat desa.

“Dengan adanya BPJS itu, dapat memudahkan aparat desa dalam melakukan pemeriksaan kesehatan mereka di Rumah Sakit maupun di Puskesmas,” ujarnya.

(asw/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.