Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Warga Palu Terima Bantuan Minyak Goreng Kedaluwarsa

0 83

PALU EKSPRES, PALU– Warga Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu tak menyangka memperoleh bantuan sembako berupa minyak goreng dalam kemasan yang diterimanya sudah kedaluwarsa.

Mereka tak curiga jika minyak goreng yang didroping pihak ke tiga untuk warga terdampak di Kelurahan Talise Valangguni sudah kedaluwarsa. Para penerima bantuan yang berjumlah 203 kepala keluarga (KK) itu baru mengetahui bila minyak goreng kemasan satu liter itu sudah kedaluwarsa, terungkap dari media sosial.

Wartawan media ini yang kebetulan mengurus dokumen administrasi di kantor Kelurahan Talise Valangguni, Senin (11/2/2019), sempat mendengarkan perbincangan Lurah Talise Valangguni, Hj. Irma SSos dengan salah seorang warga. Dalam perbincangan tersebut, terungkap bila informasi bantuan sudah kedaluwarsa, setelah salah seorang penerima bantuan memposting di media sosial.

“Ini (laporan bantuan kedaluarsa, red) sudah masuk di IKP (Info Kota Palu), cepat sekali masyarakat sampaikan,” demikian kalimat yang diucapkan Lurah Talise Hj. Irma dengan salah seorang warga ketika mengecek bantuan ikan asin yang ada di salahsatu ruangan Kantor Kelurahan Talise Valangguni, Senin (11/2).

wartawan media ini mencoba menelusuri lebih jauh mengenai minyak goreng kedaluwarsa tersebut. Ternyata, tak berselang lama setelah perbincangan antara Lurah Talise Valangguni dengan salah seorang warga yang mengecek keberadaan ikan asin di salahsatu ruangan kantor Kelurahan Talise Valangguni, salah seorang penerima bantuan menenteng tas kresek yang berisi minyak goreng dalam kemasan satu liter dan meletakkannya di antara tumpukan minyak goreng yang terlebih dahulu sudah diletakkan warga penerima lainnya di tempat itu, sembari melaporkan ke salah seorang staf kelurahan bahwa bantuan yang diterimanya sudah diletakkan ditumpukan minyak goreng kedaluwarsa.

Beberapa saat kemudian, beberapa warga penerima bantuan menyusul datang ke kantor kelurahan, juga mengembalikan bantuan minyak goreng kedaluwarsa itu.
Sesuai pantauan, setidaknya 5 warga mengembalikan bantuan minyak goreng ekspire saat penulis menunggu proses pembuatan dokumen administrasi oleh salah seorang staf kelurahan.

Lurah Talise Valangguni Hj. Irma SSos dihubungi melalui WhatsApp, Selasa (12/2/2019), menjelaskan, sebanyak 149 dos minyak goreng didrop oleh pihak ketiga ke kantor Kelurahan Talise Valangguni, Sabtu (9/2/2019) sore. Selanjutnya, bantuan tersebut dibagikan ke warga terdampak bencana pada Minggu (10/2/2019) di Kantor Kelurahan setempat.

“Belakangan baru diketahui kalau semuanya ekspired karena label tanggal penggunaannya hingga batas waktu Desember 2018,” ujarnya.
Irma menjelaskan, setelah merebak di masyarakat bila bantuan minyak goreng itu sudah kedaluwarsa dan penerima bantuan mulai mengembalikan ke kantor kelurahan, pihak ketiga yang mendrop bantuan tersebut telah menggantinya.
“Kemarin siang langsung ada gantinya (minyak goreng, red), pak,” ujarnya.

(fit/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.