Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Harga Premium Turun Harus Diikuti Penyediaan Stok

0 48

PALU EKSPRES, JAKARTA – Dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR RI, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan harga BBM premium di Jawa, Madura dan Bali turun Rp 100 per liter. Hal ini dijelaskan Jonan setelah Anggota Komisi VII dari Partai Gerindra Ramson Siagian bertanya ihwal penurunan harga BBM yang dilakukan beberapa hari lalu.

“Kalau JBKP (Jenis BBM Khusus Penugasan atau premium) selama ini di luar Jamali Rp 6.450 per liter, Jamali Rp Rp 6.550 per liter. Harga premium di Jawa (sekarang) disamakan dengan di luar Jawa,” jelas Jonan di Ruang Rapat Komisi VII DPR, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Kemudian, Ramson menimpalkan bahwa pemerintah melalui Pertamina bisa konsisten menyediakan stok premium. Sebab, percuma apabila harganya turun namun ketersediaan pasokannya tidak ada.

“Percuma kalau diumumkan turun, tapi tidak ada Premiumnya, saya sedih,” kata Ramson.

Anak buah Prabowo ini pun meminta kepada pihak Kementerian ESDM dan PT Pertamina memberikan data jumlah SPBU yang beroperasi di Jawa, Masura, dan Bali (Jamali) yang menjual Premium maupun yang tidak. Sehingga kebijakan penurunan harga Premium Rp 100 per liter di Jamali menjadi Rp 6,450 per liter sama dengan harga di luar Jamali.

(uji/jpc)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.