Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Sungai di Desa Bangga Segera Dinormalisasi

0 243

PALU EKSPRES, SIGI-  Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta, mengatakan telah menyiapkan sejumlah alat berat  untuk  penanganan pasca banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan.

Sejumlah alat berat disiapkan kata Bupati, untuk membersihkan puing-puing bangunan serta sampah dan lumpur pascabanjir bandang beberapa pekan lalu. Selain itu, alat berat juga untuk menormalisasi sungai yang ada di Desa Bangga.
“Normalisasi harus dilakukan untuk memperbaiki jalur sungai, hal ini tentu untuk mencegah terjadinya banjir bandang susulan,“ Kata Bupati Sigi Irwan Lapatta, Sabtu 9 Februari 2019.

Lebih lanjut kata Bupati Sigi, normalisasi sungai adalah suatu metode yang digunakan untuk menyediakan alur sungai dengan kapasistas mencukupi untuk menyalurkan air, terutama air yang berlebih saat curah hujan tinggi. Tujuan normalisasi sungai antara lain untuk keperluan navigasi, melindungi tebing sungai karena erosi (kikisan), atau untuk memperluas profil sungai guna menampung banjir–banjir yang terjadi.

Proyek normalisasi sungai mencakup pengerasan dinding sungai, pembangunan sudetan, pembuatan tanggul dan juga pengerukan. Pengerasan atau penguatan tebing sungai dilakukan dengan pembetonan dinding atau dengan pemasangan batukali, sudetan dilakukan dengan membuat sungai baru yang lurus dengan lintasan terpendek. Sedangkan pembuatan tanggul dilakukan dengan timbunan tanah atau dengan dinding beton yang dipasang memanjang di lokasi–lokasi bergeografi rendah yang rawan banjir.

Selain melakukan pekerjaan normalisasi, Bupati Sigi juga menyampaikan kepada OPD terkait untuk segera membentuk Tim Tanggap Bencana, sekaligus mendirikan posko tanggap bencana yang terdiri dari perwakilan beberapa OPD dilingkup Pemerintahan Kabupaten Sigi. “Tujuanya untuk mempercepat penanganan ketika terjadinya bencana alam,” ungkapnya.

(mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.