32 Desa di Touna Dirikan BUMDes – Palu Ekspres
Daerah

32 Desa di Touna Dirikan BUMDes

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahah Desa (DPM-PD) Tojo Una-una, Drs. Hasan Lasiata

PALU ESKPRES, TOUNA – 32 desa dari 134 desa yang tersebar di 12 kecamatan  se-Kabupaten Tojo Una-una (Touna) telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sedangkan sisanya masih dalam proses pembentukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahah Desa (DPM-PD) Tojo Una-una, Drs. Hasan Lasiata, MM kepada media ini, Selasa (4/4).

Dikatakannya, dari 32 desa yang telah membentuk BUMDes tersebut, ada yang bergerak di bidang jasa simpan pinjam, jasa penyewaan tenda dan kursi, depot air minum, toko tani, jual beli hasil bumi, dan peternakan.

“Pembentukkan BUMDes tersebut sangat strategis terutama dalam upaya mendorong percepatam peningkatan dan pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan,” ujarnya.

enurut dia, sesuai Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengisyaratkan konsep untuk mendorong percepatan dan pengembangan ekonomi desa dari daerah pinggiran dilakukan melalui penguatan kelembagaan atau BUMDes.

“Sekarang ini desa menjadi primadona karena telah menjadi perhatian semua pihak, juga diberi kewenangan yang besar terlebih dalam pengembangan usaha ekonomi desa. Kebijakan ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014,” jelasnya.

(mg3/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!