Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Jelang Pemilu, Masih Tersisa Belasan Ribu Warga Sigi Belum Rekam e-KTP

0 73

PALU EKSPRES, SIGI– Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dukcapil Kabupaten Sigi, Bachtiar menyatakan, hingga tanggal 31 Desember 2018, warga Kabupaten Sigi yang belum merekam e-KTP masih mencapai 12.796 orang.

“Sudah ada penurunan angka warga yang belum melakukan perekaman e-KTP, dari sebelumnya 25.000 orang menjadi 12.796 orang per tanggal 31 Desember 2018,” ujarnya, Rabu 6 Februari 2019.

Bachtiar mengatakan, jumlah warga Kabupaten Sigi yang belum merekam e-KTP bisa dipastikan akan mengalami penurunan pada tahun ini. Sebab, saat ini pihak Dukcapil Sigi terus menggenjot perekaman e-KTP di sejumlah desa yang dianggap masih banyak warganya yang belum melakukan perekaman e-KTP.
”Untuk data jumlah warga yang sudah melakukan perekaman tahun ini, sampai sekarang belum masuk sama kami, sehingga datanya belum diinput tapi bisa saya pastikan jumlah warga yang belum merekam e-KTP sudah menurun dari jumlah sebelumnya, yaitu 12.796 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Bachtiar, selain melakukan perekaman di lingkungan kantor Dukcapil Sigi, staf Dukcapil Sigi juga turun langsung ke lapangan untuk melakukan perekaman bagi warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. “Yah, kita harapkan pada saat pemilu pada 17 april 2019 mendatang, semua warga Kabupaten Sigi sudah melakukan perekaman e-KTP dan tentunya sudah memiliki e-KTP,” harapnya.

Dukcapil Sigi juga terus mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Sigi yang belum melakukan perekaman e-KTP agar segera melakukan perekaman di kantor Dukcapil Kabupaten Sigi.
“Selain di kantor, perekaman juga biasa dilakukan di kantor Desa untuk saat ini. Olehnya para warga bisa mencari informasi atau mengecek langsung ke kantor desa kapan jadwal perekaman e-KTP dilakukan,” ujarnya.

Total warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP di Kabupaten Sigi sudah mencapai 147 ribu orang. “Warga yang sudah direkam datanya, saat ini sudah dalam proses pencetakan e-KTP,” ungkapnya.
Bachtiar menambahkan, kalau tidak ada kendala dari perekaman sampai pencetakan e-KTP, satu jam kemudian sudah selesai. Namun, karena biasa terjadi persoalan seperti data warga bermasalah, jaringan tidak bagus, pihak Dukcapil memberi waktu tiga hari untuk pengambilan e-KTP.

(mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.