Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Menteri PANRB Pastikan Anggaran Rekrutmen CPNS 2019 Sudah Siap

0 104

PALU EKSPRES, JOMBANG – Rencana menggelar kembali rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2019 terus dimatangkan pemerintah pusat. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) disebut-sebut sudah menyiapkan anggaran untuk rencana tersebut.

“Sudah siap (anggaran CPNS 2019). Kemarin saya sudah rapat dengan Kementerian Keuangan,” ujar Menteri PANRB Syafruddin di kantornya, Kamis (31/1/2019) lalu sebagaimana dikutip dari jawapos.com.

Menurut dia, pemerintah tengah membahas detail anggaran yang benar-benar dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS di 2019. Karena itu besaran pastinya belum bisa disebutkan. “Besarannya sudah dihitung rinci, soalnya nanti eselonnya nggak bisa ngomong langsung sekian, tidak. Tapi kalau proses rekrutmennya ada anggarannya, sudah,” kata mantan Wakapolri itu.

Untuk diketahui, pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CPNS untuk tahun anggaran 2019. Prosesnya akan dimulai pada pertengahan tahun mendatang, atau setelah Pemilu dilaksanakan. Rekrutmen sebagai upaya pemerintah menambal 52.000 pegawai yang pensiun pada tahun 2019. Adapun jumlah lowongan CPNS yang dibuka yakni sebanyak 100.000 formasi.

Sebelum CPNS 2019 dibuka, pemerintah terlebih dahulu akan melangsungkan rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang dibagi menjadi dua tahap, antara lain sebelum dan sesudah Pemilu.

Formasi yang tersedia masing-masing tahap adalah 75.000. Tahap pertama dibuka khusus untuk posisi guru/dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian yang memenuhi syarat. Sedangkan tahap kedua, rekrutmen PPPK akan dibuka untuk formasi umum. (*)

(jo/fid/mar/JPR)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.