Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Rektor Untad Lantik Dekan Fakultas Pertanian

0 90

PALU EKSPRES, PALU – Fakultas Pertanian Universitas Tadulako (Untad) kini resmi memiliki pucuk pimpinan yang baru. Hal ini ditandai dengan dilantiknya Dr. Muhardi sebagai Dekan yang baru menggantikan Prof. Zainuddin Basri, Ph.D, oleh Rektor Untad, Prof. Dr. H. Muh. Basir Cyio, di aula Fakultas Kedokteran Untad, Kamis 31 Januari 2019.

Sebelumnya Dr. Muhardi terpilih menjadi Dekan Fakultas Pertanian yang baru, setelah meraih hasil aklamasi pada pemilihan Dekan oleh Senat, beberapa jam sebelum pelantikan. Hasil tersebut diraih setelah calon Dekan lainnya, yakni Dr. Syamsuddin Laude menyatakan diri menyerahkan suaranya kepada Dr. Muhardi.

Proses pelantikan yang dilangsungkan dalam waktu beberapa jam setelah pemilihan, dijelaskan oleh Rektor, dilakukan karena berbagai macam pertimbangan. Salah satu pertimbangan utama adalah kebutuhan mendesak terkait ijazah para alumni Fakultas Pertanian Untad yang telah mengikuti yudisium dan wisuda, tidak bisa ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) maupun Pelaksana Harian (Plh) Dekan. Sedangkan kondisi Dekan sebelumnya, Prof. Zainuddin dalam keadaan sakit, sehingga tidak dapat menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya.
“Mengapa pelantikan Dekan ini sepertinya dilaksanakan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Pertama bahwa kami bersama Wakil Rektor bidang Akademik, setiap hari menerima keluhan terutama dari alumni Fakultas Pertanian yang sudah diyudisium dan diwisuda, tapi ijazah mereka tak kunjung ada, karena Prof. Zainuddin dalam kondisi yang sakit. Karena posisinya seperti itu, maka tidak bisa kita ganggu untuk proses penandatanganan,” jelas Rektor.

Rektor menambahkan, menurut aturan perundang-undangan jika seorang Dekan tidak dapat menjalankan tugasnya selama 40 hari berturut-turut, maka sebenarnya Rektor diberi kewenangan untuk segera mengangkat dan melantik Dekan yang baru. Namun kata dia, hal tersebut tidak dilaksanakan, karena pertimbangan alasan sosiologis dan peralihan jabatan tetap dilaksanakan dengan melalui beberapa proses hingga pemilihan.

Selain Dekan Fakultas Pertanian, pada kesempatan tersebut Rektor Untad juga melantik dua orang pejabat eselon III-a dan IV- a di lingkungan Untad, yakni Sulpian sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Kedokteran, dan Sutriyani sebagai Kepala Subbagian Hukum dan Tata Laksana pada Bagian Kepegawaian Biro Umum dan Keuangan.

Kepada para pejabat yang dilantik, Rektor berpesan agar menjalankan tugasnya dengan baik utamanya terkait dengan pelayanan kepada mahasiswa.
“Apapun yang kita persembahkan di Untad tidak bisa lepas dari Tri Dharma, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa,” tegas Rektor.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.