Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Semester Genap, Untad Targetkan 40 Persen Perkuliahan Daring

0 27

PALU EKSPRES, PALU – Pada semester genap tahun akademik 2018-2019 Universitas Tadulako (Untad) menargetkan 40 persen penerapan kuliah daring (online). Hal ini disebutkan Rektor Untad, Prof. Dr. H. Muh. Basir Cyio, merupakan target yang wajib tercapai sebagaimana yang tertuang dalam SK Rektor.
“Sekitar 40 persen, itu target wajib sesuai dengan SK-nya,” kata Rektor, usai pelantikan Dekan Fakultas Pertanian Untad, Kamis 31 Januari 2019.

Pelaksanaan kuliah daring memang baru pertama kalinya akan dilaksanakan di Untad pada semester genap kali ini. Rektor mengakui Untad cukup terlambat dalam menerapkan hal tersebut, karena di beberapa perguruan tinggi lainnya di Indonesia sudah diterapkan selama bertahun-tahun.

Terkait persiapan untuk penerapan sistem kuliah tersebut, ia mengungkapkan pihak Untad telah beberapa kali memberikan penataran kepada para dosen di seluruh Fakultas di Untad.“Pertanian besok diberi workshop, beberapa Fakultas lain sudah,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, penerapan kuliah daring dapat dilakukan dengan aplikasi sederhana yang bisa diakses melalui perangkat komputer atau ponsel. Dicontohkannya, dengan aplikasi tersebut para mahasiswa dapat menerima kuliah dari jarak jauh, baik menggunakan laptop atau ponsel. Dalam penerapannya, Rektor menegaskan tetap memerhatikan sistem Satuan Kredit Semester (SKS).
“Bisa misalnya sambil ngumpul-ngumpul 20-30 orang di rumah salah seorang mahasiswa yang punya fasilitas jaringat internet, gunakan LCD proyektor, pantulkan di layar lewat laptop. Bisa juga pakai ponselnya karena nanti akan dikirimkan ID meeting. Tapi kan tidak semua perkuliahan didaringkan, ada juga tatap mukanya, 2-3 kali barangkali cari waktu untuk masuk lagi di kelas,” jelasnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.