Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Perekaman e-KTP di Sigi Diminta Dipercepat

0 103

PALU EKSPRES, SIGI- KPUD Sigi Bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Sigi, Bawaslu Sigi dan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se- Kecamatan Kabupaten Sigi melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) tentang penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) dan perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Rabu 30 Januari 2019

Dalam rakor tersebut, Bawaslu Sigi mengimbau kepada KPUD Sigi agar data pemilih sejumlah 5.885 jiwa yang belum melakukan perekaman e-KTP untuk direkomendasikan ke Dukcapil agar segera dilakukan perekaman.

“Untuk data saat ini sama kita jumlah warga Kabupaten Sigi yang belum merekam e-KTP ada di angka 5885 jiwa. Untuk itu KPUD Sigi harus segera memberi rekomendasi ke Dukcapil agar secepatnya menuntaskan perekaman e-KTP bagi ribuan warga yang belum merekam e-KTP tersebut,” kata komisioner Bawaslu Sigi, Dewi Tisnawaty SH.

Selain itu kata Dewi, warga Kabupaten Sigi yang menjadi tahanan di Kabupaten Donggala atau tahanan di Kota Palu agar dapat ditindaklanjuti oleh KPUD Sigi sesuai Juknis penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Sementara itu, pihak Dukcapil mengklaim kata Dewi, sudah ada penurunan jumlah warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. Sebab, saat ini Dukcapil Sigi sudah menggenjot ke desa-desa di Kabupaten Sigi untuk melakukan perekaman e-KTP. “Akan tetapi datanya belum masuk. Sehingga kami masih berpatokan di data yang ada saat ini, yaitu 5885 warga Kabupaten Sigi yang belum merekam e-KTP,” jelasnya.

Dia pun meminta warga kalau ingin berpartisipasi untuk menyukseskan pemilu pada 17 april 2019 mendatang, agar kiranya warga di Kabupaten Sigi yang merasa belum melakukan perekaman e-KTP dapat melakukan perekaman di kantor desa setempat atau di kantor Dukcapil Sigi.”Sebab, salah satu syarat untuk mencoblos adalah punya e-KTP,” ujarnya.

Dewi menambahkan, kalau sudah melakukan perekaman e-KTP, warga sudah bisa mencoblos nanti pada pemilu 17 april 2019 dengan menggunakan Surat Keterangan (Suket) dari pihak Dukcapil Sigi, kalau memang e-KTPnya belum dicetak. “Untuk itu warga kalau sudah merekam sebaiknya langsung ambil Suket, sambil menuggu pencetakan e-KTPnya selesai. Karena siapa tahu sampai pemilu pada 17 april 2019 mendatang, e-KTPnya belum jadi bisa mengunakan Suket saja untuk mencoblos,” terangnya.

(mg4/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.