Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Polisi Diminta Tingkatkan Pengamanan Shelter Balaroa

0 84

PALU EKSPRES, PALU- Wakil Ketua DPRD Palu Erfandi meminta ajaran kepolisian Polresta Palu meningkatkan pengamanan di lokasi pengungsian (shelter) korban bencana. Khususnya shelter yang berada di Kelurahan Balaroa Kecamatan Palu Barat.

Erfandi mengaku di lokasi tersebut masih kerap terjadi penjarahan. Bahkan laporan yang ia terima telah terjadi intimidasi terhadap para relawan yang bertugas di tempat itu.

“Perlu ada dukungan dari pihak kepolisian agar tidak meresahkan masyarakat,”kata Erfandi.

Sejauh ini pengamanan di Balaroa hanya dilakukan Bhabinkamtibmas. Sayangnya kata Erfandi, pengaman itu kurang maksimal. Karena jumlahnya hanya tiga anggota kepolisian. Hal ini jelas Erfandi perlu dievaluasi.

“Kinerja Bhabinkamtibmas inipun sebenarnya dikeluhkan warga. Karena mereka tidak berdomisili di Balaroa. Jadi kurang efektif melakukan pengamanan,”jelasnya.

Erfandi menjelaskan masalah pengamanan ini sudah pernah disampaikan kepada Kapolres Palu. Namun Kapolres mengaku jumlah aparatnya terbatas. Kapolres beber Erfandi justru balik meminta warga ikut berpartisipasi langsung dalam mengamankan wilayah masing-masing.

“Masalahnya sekarang harus ada pihak yang memotori pengamanan jika berharap partisipasi masyarakat. Harusnya pihak kepolisian,”tegasnya.

Pihaknya pun lanjut Erfandi menyayangkan kinerja satuan tugas kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan (Satgas K5) bentukan Pemkot Palu yang tidak proaktif terhadap tugas pengamanan

“Kami ini warga di Balaroa tidak tahu bagaimana sebenarnya mekanisme kinerja Satgas K5. Harusnya mereka menjalankan tugas tugas pengamanan. Tapi ini tidak kelihatan,” pungkasnya.

(mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.