Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Sama-sama di Angka 40 Persen

Survei Puskaptis

0 59

PALU EKSPRES, JAKARTA- Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) kembali merilis hasil survei terbarunya. Kali ini soal elektabilitas paslon di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Hasilnya, tingkat elektabilitas calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin masih berada di atas paslon kubu 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Dalam rilis survei yang digelar pada 8-14 Januari 2019 itu, tingkat elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf berada pada 45,90 persen. Sementara tingkat elektabilitas pasangan Prabowo-Sandiaga berada pada angka 41,80 persen.

“Sementara sekitar 12,30 persen responden menyatakan akan berpartisipasi dalam pilpres namun belum mengetahui akan memilih salah satu paslon. Jadi masih ngambang,” tutur Direktur Eksekutif Lembaga Survei Puskaptis Husin Yazid di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Namun, Husin menuturkan, waktu masih tersisa tiga bulan sebelum hari pencoblosan. Artinya masih terbuka peluang dalam meraih simpati publik dalam mengejar ketertinggalan bagi pasangan nomor urut 02.

Husin mengklaim survei dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 2.100 responden yang diambil secara acak 10 orang dari 213 desa/kelurahan tersebar di 34 provinsi. Margin error survei sekitar 2,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(gun/jpc)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.