Bacaan Utama Masyarakat Sulteng
PT IMIP

77 KK Warga Desa Salua Akan Direlokasi

0 107

PALU EKSPRES, SIGI- Warga Dusun III Desa Salua, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi akan direlokasi ke tempat yang lebih aman. Sebab wilayah ini yang sering terdampak banjir bandang setiap tahunnya.

“Sudah tiga tahun berturut-turut dusun III Desa Salua terkena banjir bandang. Yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan hancurnya tempat tingal serta hilangnya harta benda milik warga. Oleh karena itu untuk menghindari hal ini kembali terjadi Pemerintah daerah berencana akan merelokasi puluhan warga yang ada di Dusun III Desa Salua ke tempat yang aman,” kata Camat Kulawi Rolly, Minggu 27 januari 2019, kepada media ini.

Rolly menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi sudah mendapatkan lokasi untuk relokasi buat warga Dusun III Desa Salua.
”Lokasinya ada di Desa Salua juga. Namun di lokasi yang baru ini dijamin sudah aman dari terjangan banjir bandang,” akunya.

Kenapa di Desa Salua juga relokasinya. Rolly mengakui warga dusun III mau direlokasi asalkan lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal mereka saat ini. “Untungnya ada lokasi di Desa Salua yang bisa dijadikan lokasi untuk merelokasi warga yang ada di Dusun III, di mana lokasi ini tidak terlalu jauh dari lokasi tempat tinggal mereka saat ini. Sehingga dengan demikian warga Dusun III mau direlokasi ke lokasi tersebut,” jelasnya.

Dia menyatakan relokasi warga yang ada di Dusun III Desa Salua adalah langkah konkrit yang mau tidak mau harus dilakukan pemerintah daerah untuk menyelamatkan warga dari banjir bandang yang kerap kali terjadi setiap tahunya. “Kalau tidak direlokasi ke tempat lebih aman, kemungkinan besar warga yang ada di Dusun III Desa Salua akan terdampak terus menerus banjir bandang, karena lokasi tempat tinggal mereka saat ini sangat dekat dengan sungai yang ada di Desa Salua,” ujarnya.

Ada 78 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di Dusun III Desa Salua saat ini. “Yah mudah-mudahan saja dengan relokasi yang dilakukan ini dapat membuat kehidupan warga di dusun III Desa Salua dapat kembali berjalan normal seperti biasanya,” harap Rolly.

(mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: